Virus Corona, Kampus Budi Luhur Libur Sebulan

VIVA – Sejumlah universitas di Jakarta juga memilih menerapkan sistem perkuliahan jarak jauh atau PJJ sebagai langkah mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). Sejumlah perguruan tinggi itu salah satunya universitas Budi Luhur.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Khusus di Budi Luhur Jakarta, kebijakan itu berlaku untuk para dosen dan mahasiswa mulai hari senin 16 Maret 2020 hingga 11 April 2020 atau selama 4 minggu.

“Kita akan selenggarakan sampai 11 April atau 4 minggu untuk mengantisipasi kalau misalnya dua minggu belum turun untuk persebaran dari covid 19, maka kita punya waktu dua minggu lagi,” kata Rektor Universitas Budi Luhur, Wendi Usino di lokasi, Selasa 17 Maret 2020.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Keputusan tersebut, lanjut Wendi, tertuang dalam surat edaran nomor E/UBL/RE/2020. Ia mengatakan dengan diadakan PJJ ini adalah upaya kita untuk mengurangi interaksi antar manusia penyebaran virus corona khususnya di lingkungan universitas budi luhur.

“kegiatan belajar ini adalah hanya mengalihkan saja bahwa kuliah itu tidak di kampus untuk mengurangi interaksi antara mahasiswa dan dosen agar virus itu tidak mudah tersebar karena tidak banyak orang berinteraksi," kata dia.

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

“Yang berikutnya adalah mereka bisa lebih tenang, orang tua bisa lebih tenang karena tidak was-was anaknya berangkat ke kampus akan berinteraksi dengan orang banyak yang tidak tahu bagaimana virus menyebar,” lanjut dia.

Wendi mengimbau kepada mahasiswanya, meski kini perkuliahan menggunakan sistem PJJ, untuk kuliah di rumah sehingga mereka ada kegiatan dan tidak bosan. Dia juga meminta mahasiswa tidak liburan.

Sementara itu, kampus juga disemprotkan dengan cairan disinfektan di semua sudut. Wendi menambahkan, sengaja melakukan kegiatan penyemprotan demi tidak adanya virus corona.

“Setelah kampus menyatakan kegiatan belajar mengajarnya kita memutuskan untuk harus melakukan seterilisasi dengan cepat, sehingga di sini tim saya langsung menghubungi PMI untuk menyelenggarakan seterilisasi," kata dia.

Wendi melanjutkan, kampus berusaha untuk mengurangi terjadinya penyebaran peredaran virus. Selain penyemprotan ,seluruh tempat di universitas budi luhur dibersihkan dengan menyemprotkan disinfektan dan hal lain, seperti pembersihan gagang pintu, serta mencuci dan mengepel lantai. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya