Manfaatkan Jalanan Sepi Dampak Corona, Jambret Gasak Uang Rp70 Juta

VIVA – Aksi penjambretan di Cilangkap Jakarta timur pada Sabtu, 4 April 2020 terekam kamera CCTV. Pelaku yang memanfaatkan jalanan yang sepi akibat dari karantina wilayah yang dilakukan oleh warga.

Tampang Pelaku Jambret Istri Pejabat TNI di Menteng

"Awalnya sempat rebutan tas, tapi pelaku yang menggunakan sepeda motor bisa kabur," Ujar Samin, Saksi kejadian, Minggu 5 April 2020.

Aksi penjambretan yang terjadi di gang Masjid Al Khoiri, Cilangkap, Jakarta Timur memanfaatkan situasi yang sepi. Pelaku berhasil membawa kabur tas berwarna coklat yang berisi uang Rp70 juta, 2 unit hp dan kartu ATM milik korban yang merupakan seorang guru ngaji.

Jambret Istri Perwira TNI di Menteng Ternyata Sudah Pernah 2 Kali Ditahan

"Disini sepi. Tas yang dijambret warna cokelat isinya duit 70j juta, 2 HP, ATM, dll. korban katanya dari bank," tambah Samin.

Pelaku yang sebelumnya sempat membuntuti korban menggunakan sepeda motor dan menutupi wajahnya dengan menggunakan masker. Uang puluhan juta tersebut merupakan uang jemaah pengajian binaan korban.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

"Ini bukan kejadian yang pertama terjadi disini, warga setempat juga sudah ada yang menjadi korban penjambretan disini," Ungkapnya.

Saat ini, kasus penjambretan tersebut sedang ditangani oleh Kepolisian Sektor Cipayung, Jakarta Timur.

Di Duren Sawit pada hari yang sama, aksi pencurian sepeda motor juga terekam kamera CCTV. Agar aksinya tidak dicurigai warga, pelaku yang berjumlah dua orang mengenakan pakaian rapi seperti karyawan kantoran 

"Pelaku berpakaian rapi, jadi warga tidak ada yang curiga," ujar Saeful, teman korban kemalingan saat dikonfirmasi.

Dari rekaman CCTV, pelaku yang menggunakan sepeda motor sempat mondar-mandir di depan rumah korban untuk memantau situasi. Satu orang pelaku yang bertindak sebagai eksekutor langsung menghampiri kendaraan korban, hanya butuh waktu beberapa saat untuk mengasak motor korban.

"Rekaman itu pada pukul 11.02. Paling lama 10 menit dari awal mereka datang," tambah saeful.

Pelaku yang diduga menggunakan kunci letter T untuk mengasak motor korban. Saat ini kasus pencurian tersebut sedang ditangani oleh kepolisian Kektor Duren Sawit. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya