Selama Ramadhan, GOR Karet Tengsin jadi Tempat Penampungan Tunawisma

Ilustrasi gelandangan
Sumber :
  • Mirror.co.uk

VIVA – Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat Ngapuli Parangin angin mengatakan, selama bulan Ramadhan, Gelanggang Olahraga (GOR) Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat akan menjadi tempat penampungan sementara bagi para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang dijaring oleh Pemerintah Kota Jakarta Pusat. 

Jelang Ramadan, Satpol PP Tangerang Amankan PMKS

"Sesuai arahan Pak Gubernur, Pak Walkot dan Kepala Dinas Sosial DKI, untuk Jakarta Pusat, penampungan dari giat penjangkauan (PMKS) oleh teman-teman Satpol PP dan kepolisian ditampung di GOR kecamatan Tanah Abang. Penggunaannya," kata Ngapuli saat dihubungi, Senin 27 April 2020.

Masa penjangkauan PMKS di Jakarta Pusat akan diintensifkan selama bulan suci Ramdhan 1441 H karena maraknya PMKS yang mengharapkan bantuan dari masyarakat. 

Jadi Pemain Termahal di Inggris, Declan Rice Akui Tertekan

Untuk di kawasan Tanah Abang selama dua kali penjaringan PMKS, hampir sebanyak 80 orang PMKS telah terjaring dalam razia yang dilakukan oleh Satpol PP dan pihak Kepolisian Jakarta Pusat. 

Selama GOR Karet Tengsin digunakan sebagai penampungan sementara, Sudin Sosial Jakarta Pusat menyiapkan makanan serta fasilitas kesehatan bagi para PMKS yang terjaring. 

Penampakan ‘Kota Zombie’ Philadelphia Amerika Serikat, Dipenuhi Gelandangan dan Orang Tak Berdaya

"Besok begitu masuk kita tempat thermal gun. Cek suhu lalu kita hadirkan tim medis dari puskesmas setempat mereka periksakan kesehatan masing-masing individu di GOR. Itu layanan yang kita berikan lalu kebutuhan makan, kebutuhan mandi kita siapkan lah," kata Ngapuli. 

Lebih lanjut, Ngapuli mengatakan saat ini ada sembilan orang yang masih bertahan di GOR Karet Tengsin dan difasilitasi oleh Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat. Salah satu di antaranya dirujuk ke Panti Sosial Perempuan dan Anak karena tidak memiliki keluarga di Jakarta. 

"Ini kita rujuk langsung biar lebih baik di sana. karena ibu-ibu dan di sana lebih nyaman lebih baik pelayanannya," kata Ngapuli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya