Menhub Izinkan Operasional Bus, Terminal Kalideres Sepi

Terminal Kalideres belum membuka operasional moda transportasi AKAP
Sumber :
  • VIVAnews/Andrew Tito

VIVA – Terminal Kalideres, Jakarta Barat hingga kini masih meniadakan transportasi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kamis, 7 Mei 2020. Meskipun Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah membuka kembali oeprasional moda transportasi antar kota mulai hari ini.

Puncak Arus Balik, 6.500 Pemudik Diperkirakan Tiba di Terminal Kalideres

Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnain mengatakan masih menunggu instruksi Kepala Dinas terkait izin operasi Bus AKAP, sehingga saat ini situasi Terminal Kalideres belum membuka layanan antara kota, karena masih merujuk pada larangan mudik yang diatur dalam Permenhub nomor 25 tahun 2020. 

"Jadi sampai saat ini kami di Terminal Kalideres masih hanya layani transportasi dalam kota, transjakarta dan Jabodetabek," ujar Revi saat dihubungi.

Hadapi Puncak Arus Balik Lebaran, Menhub Tambah Perjalanan Kapal dari Sumatera ke Jawa

Sampai saat ini Revi mengaku belum menerima surat Permenhub baru yang dapat membatalkan Permehub lama. 

Namun, Revi sudah mendengar wacana Menteri Perhubungan yang akan kembali membuka layanan Bus AKAP untuk penumpang dengan situasi mendesak berdasarkan pemberitaan yang beredar. 

Arus Balik Lebaran, Baru 27 Persen Kendaraan Pribadi Kembali dari Sumatera ke Jawa

Menurutnya, agar dapat menjalankan rencana tersebut, dibutuhkan instruksi teknis-teknis di lapangan yang biasanya akan dituangkan di dalam Permenhub, dan diperintahkan kepala dinas terkait.

"Karena nanti di Permehub itu pasti ada kriterianya. Bus seperti apa yang boleh operasi, atau syarat apa yang harus dimiliki penumpang agar boleh keluar kota," ujarnya.

Sampai saat ini aturan teknis lapangan itu masih ditunggu oleh pihak Terminal Kalideres. "Namun kalau dibilang siap. Kami siap menjalankan kalau Permenhubnya sudah ditetapkan," ujar Revi.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya