Hujan Dituding Pemicu Longsor di TPA Sampah Cipeucang 

VIVA – Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan, Banten, mengungkapkan penyebab longsornya tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang pada Jumat, 22 Mei 2020.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Menurut Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan, Yepi Suherman, faktor utama tumpahnya tumpukan sampah ke aliran Sungai Cisadane itu akibat hujan deras.

"Saya dapat laporan dari kepala UPT Cipeucang bahwa faktor longsornya sampah itu karena hujan beberapa hari, lalu genangan air itu, keluar cukup deras dari landfill, sehingga mendorong sampah," katanya.

Pemkot Tangsel Tiap Hari Berjibaku Atasi 1000 Ton Sampah, Benyamin: Persoalan yang Serius

Dorongan air itu menyebabkan penyangga batasan antara TPA Cipeucang dengan aliran Sungai Cisadane ini patah dan jebol. Ditambah celah buangan air dari penyangga tidak ada sehingga sampah tumpah ke aliran sungai.

Hingga kini sejumlah wilayah yang dialiri Sungai Cisadane, seperti Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang, masih melakukan pengawasan, terutama soal kualitas air baku.

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru
Pemandangan Gunung Kembang, Wonosobo, Jawa Tengah.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Menghirup udara segar plus menikmati indahnya alam pengunungan, kebersihan menjadi salah satu faktor terpenting. Dan paket lengkap itu bisa ditemukan di Gunung Kembang.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024