Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta Disemprot Disinfektan

Petugas menyemprotkan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta.
Sumber :
  • VIVAnews/ Willibrodus

VIVA – Sejumlah 50 personel Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, Rabu pagi, 3 Juni 2020. 

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Kepala Dinas Gulkarmat Satriadi Gunawan mengatakan, penyemprotan disinfektan yang dilaksanakan hari ini berdasarkan amanat Gubernur DKI Jakarta, tentang gugus tugas penanganan Covid-19 di wilayah DKI Jakarta. 

Menurut Satriadi, Dinas Gulkarmat diinstruksikan untuk menyemprotkan disinfektan di fasilitas umum, fasilitas sosial, tempat-tempat ibadah, dan rumah-rumah warga. 

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Baca juga: Imam Besar Masjid Istiqlal: Mari Berdoa Agar Corona Berakhir

"Ini salah satu rangkaian rutinitas yang sudah kami lakukan. Jadi, hari ini, kami menyemprotkan disinfektan di Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Di Masjid Istiqlal sendiri kami semprotkan disinfektan secara menyeluruh semua area masjid, termasuk halaman. Sedangkan di Gereja Katedral, kami semprot di halaman depan saja," kata Satriadi saat ditemui di Masjid Istiqlal Jakarta, Rabu, 3 Juni 2020. 

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Ia menambahkan, pihaknya sudah melaksanakan penyemprotan disinfektan di semua wilayah di Jakarta. Gulkarmat DKI Jakarta telah menyemprotkan cairan disinfektan di masjid, musala, gereja, pura, dan wihara. Totalnya ada 962 titik. 

"Hari ini kita bagi menjadi dua tim agar berbarengan. Jadi, satu tim di Masjid Istiqlal dan satu tim di Gereja Katedral. Kami mengerahkan 20 unit mobil dan 50 personel," ujarnya. 

Satriadi melanjutkan, kegiatan penyemprotan disinfektan yang sudah dilaksanakan di 962 titik ini tidak ada kaitannya dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maupun New Normal. Kegiatan tersebut, menurut dia, berdasarkan amanat Gubernur DKI Jakarta tentang upaya pencegahan Covid-19. 

"Kamis besok, kami akan menyemprotkan disinfektan di pasar-pasar, kemudian sekolah-sekolah, jalan-jalan protokoler, bahkan juga rumah warga. Termasuk di antaranya yang masuk zona merah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta. Penyemprotan ini juga akan kami lakukan secara berkala," ujar Satriadi. 

Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal Laksma (Purn) H. Asep Saefuddin menyampaikan apresiasi kepada pihak Gulkarmat DKI Jakarta yang telah menyemprotkan disinfektan di Masjid Istiqlal. 

"Kami berterima kasih kepada Dinas Gulkarmat DKI Jakarta yang sudah mau datang dan semprot disinfektan di Masjid Istiqlal. Saya sangat mengapresiasi bantuan disinfektan ini," ujar Asep. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya