PSBB Transisi, Belum Ada Kepadatan Penumpang di Transjakarta dan MRT

Suasana di dalam Stasiun MRT tampak sepi
Sumber :
  • VIVAnews/Wilibrodus

VIVA – Pada hari ini, aktivitas perkantoran di Jakarta sudah mulai dibuka meskipun dengan jumlah terbatas. Berdasarkan pantauan, tampak tidak ada kepadatan lalu lintas di Ibukota. Aktivis masyarakat di minggu pertama masa kelonggaran aktivitas menuju new normal atau Pembatasan Sosial Berskala Besar Jakarta (PSBB) transisi ini terlihat seperti tidak berubah. Aktivitas warga ini sudah tidak dibatasi, namun tetap diterapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

Pertamina NRE dan VKTR Sepakati Kolaborasi Kembangkan Ekosistem EV Berkelanjutan, Intip Strateginya

Volume kepadatan penumpang pada transpostasi massal juga belum begitu terlihat. Di halte Transjakarta dan MRT Bundaran HI, belum ditemukan kepadatan warga. Pantauan VIVAnews, di lokasi halte Transjakarta dan stasiun MRT Bundaran HI pada Senin ini, terlihat sepi penumpang. Hanya ada beberapa orang saja yang keluar dan masuk halte.

Faisal Fikri (30), penumpang bus Transjakarta mengatakan, hari ini merupakan hari pertama kembali bekerja normal setelah sekian lama harus bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Faisal berharap, agar kebijakan baru ini tidak menimbulkan kasus-kasus baru Covid-19 di Jakarta.

Cantik! 10 Halte TransJakarta Disulap Bak Galeri Seni, Cocok Jadi Spot Instagramable

"Iya, ini hari pertama masuk kerja lagi setelah sekian lama WFH. Sebenarnya enggak takut sih, balik lagi ke kitanya mau patuhi semua protokol kesehatan atau enggak. Semoga Covid-19 cepat selesai deh dan enggak ada kasus-kasus baru karena rutinitas kerja kantoran mulai dilaksanakan ini," kata Faisal di sekitar Halte Transjakarta Bundaran HI, Senin 8 Juni 2020.

Ia membenarkan, pada hari pertama dibukanya kembali perkantoran di tengah pandemi Covid-19 memang belum terjadi kepadatan volume penumpang. Menurutnya, warga cenderung memilih kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor, atau bahkan sepeda sebagaimana anjuran dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

10 Halte Transjakarta Ini Dipercantik dengan Desain dari Seniman dari Van Gogh hingga Claude Monet

"Kondisi di dalam ya masih sepi. Enggak terlalu banyak penumpang, mungkin pada pake mobil, motor atau ikut apa saran pak Anies," jelas Faisal.

Sementara itu, Dewi Andita (27), penumpang transportasi massal MRT yang mulai masuk kerja pada hari ini mengungkapkan, bahwa belum ada kepadatan penumpang pada moda transportasi massal yang ia gunakan ini. Ia menjelaskan, bawah selain sepi, penjagaan di dalam MRT dan halte juga begitu ketat.

"Di halte sekarang dijaga aparat TNI dan dibantu juga sama sekuritinya. Terus, pemeriksaan suhu tubuh juga sama, yakni semua petugasnya pakai pelindung diri kaya masker, sarung tangan, sama kaca gitu di bagian mukanya," kata Dewi di halte MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Tidak hanya di stasiun dan halte yang masih sepi. Di sekitar bahu jalan halte Transjakarta dan stasiun MRT pun tidak terlihat adanya keramaian. Hanya terlihat beberapa pejalan kaki yang sedang melintas di lokasi. Juga, area perkantoran di lokasi terdekat terpantau sudah menerapkan seluruh protokoler kesehatan Covid-19 sesuai dengan arahan dari Pemerintah Pusat dan Daerah, yang mana sebelum masuk, setiap orang terlebih dulu diperiksa suhu tubuhnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya