PSBB Transisi: Perkantoran Dimulai, Begini Macetnya Jakarta Senin Pagi

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (8/6/2020).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir/wsj

VIVA – Sejumlah ruas jalan di Ibu Kota mulai dipadati warga yang hendak melakukan aktivitas perkantoran, pada hari ketiga penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, Senin, 8 Juni 2020.

Baliho Ambruk Timpa Mobil di Parung Bingung, Arus Lalulintas Tersendat

Reporter tvOne melaporkan, kepadatan kendaraan antara lain terjadi di ruas Jalan Lenteng Agung Raya dari arah Depok menuju Pasar Minggu. Kemacetan terjadi sejak pukul 07.00 WIB. Kemacetan ini nyaris seperti sebelum wabah Covid-19 melanda Jakarta.

Kemacetan di Jalan Raya Pasar Minggu diperparah dengan adanya proyek pembangunan fly over sehingga pengendara hanya bisa menggunakan satu jalur jalan.

Curhat Pengemudi Mobil Jalur Mudik Ditutup Tenda Nikahan

Kepadatan kendaraan juga terjadi di lokasi lain. Pantauan VIVAnews, arus kendaraan dari arah Bintaro ke arah Tanah Kusir, Jakarta Selatan, misalnya. Kendaraan melaju lambat dari bawah jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) hingga ke TPU Tanah Kusir.

Selain itu, kepadatan terjadi dari arah Stasiun Palmerah menuju Pejompongan, Jakarta. Kendaraan melambat hingga ke perlintasan kereta. 

Hampir 1,4 Juta Kendaraan Kembali ke Jabotabek dari Mudik Lebaran 2024

Tak hanya di ruas jalan arteri. Kepadatan juga terjadi di ruas jalan tol. Di ruas jalan Tol Jagorawi, misalnya. Dari bidikan fotografer Antara, tampak kepadatan kendaraan terjadi dari arah Cibubur menuju Jakarta.

Berikut ini penampakan beberapa kepadatan kendaraan di Ibu Kota saat aktivitas perkantoran dimulai di masa PSBB transisi ini:

Kepadatan kendaraan dari Stasiun Palmerah menuju Pejompongan, Jakarta.

Kepadatan kendaraan terjadi dari arah Stasiun Palmerah menuju Pejompongan, Jakarta.

Sejumlah pengendara kendaraan memadati Jalan Mampang Prapatan di Jakarta, Senin.

Sejumlah pengendara kendaraan memadati Jalan Mampang Prapatan di Jakarta, Senin (8/6/2020). Pada pekan pertama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi dan hari pertama dimulainya kembali aktivitas perkantoran, arus lalu lintas di sejumlah jalan di DKI Jakarta terpantau padat hingga terjadi kemacetan. ANTARA FOTO/Reno Esnir.

Sejumlah kendaraan melintas di lajur contraflow di ruas jalan Tol Jagorawi.

Sejumlah kendaraan melintas di lajur contraflow di ruas jalan Tol Jagorawi arah menuju ke Cawang di Cibubur, Jakarta Timur, Senin (8/6/2020). Terpantau terjadi kepadatan kendaraan di Tol Jagorawi menuju arah Jakarta dari KM 13 Cibubur hingga KM 08 Cipayung. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha.

Sejumlah kendaraan melintas di ruas jalan Tol Jagorawi di Cibubur, Jaktim.

Sejumlah kendaraan melintas di ruas jalan Tol Jagorawi di Cibubur, Jakarta Timur, Senin (8/6/2020). Terpantau terjadi kepadatan kendaraan di Tol Jagorawi menuju arah Jakarta dari KM 13 Cibubur hingga KM 08 Cipayung. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengizinkan aktivitas perkantoran beroperasi di masa PSBB transisi pada Juni ini. Namun, aktivitas kantor dilakukan dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan. Lantaran itu, Anies meminta agar perkantoran mengatur jadwal masuk para karyawannnya sehingga tidak terjadi penumpukan.

Laporan Arief Budiman Saputra (tvOne/Jakarta)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya