Terbebani Uang Semester, Mahasiswa Gunadarma Demo di Kampus

Sejumlah mahasiswa Universitas Gunadarma berunjuk rasa di depan kampus mereka di Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat, pada Senin 29 Juni 2020.
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Sejumlah mahasiswa Universitas Gunadarma berunjuk rasa di depan kampus mereka di Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat, pada Senin 29 Juni 2020. Demonstrasi itu merupakan buntut protes atas besarnya uang kuliah di tengah pandemi wabah virus corona.

Awal Mula Dosen Untan Diduga Joki Nilai Mahasiswa S2: Tak Pernah Kuliah Tapi Ada Nilainya

Ahmad Wahyudi, koordinator unjuk rasa itu, menyebutkan ada beberapa poin tuntutan mereka. "Pertama, cabut SK Rektor 117 terkait pemotongan penyelenggaraan pendidikan semester depan Rp300 ribu yang, menurut kami, tidak cukup untuk membantu mahasiswa aktif yang sedang kesulitan karena pandemi."

Kemudian, soal subsidi kuota internet yang sudah diarahkan oleh Peraturan Menteri Kebudaayaan pada April, namun sampai sekarang belum ada realisasi dari pihak kampus. "Tuntutan kami berikutnya soal dispensasi penulisan ilmiah dan tugas tingkat akhir," kata Ahmad.

Viral Dugaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Undip, Korban Curhat Malah Dicekoki Miras

Baca: Tuntut Pembebasan Biaya Kuliah, Puluhan Mahasiswa Geruduk Kemendikbud

Data yang dihimpun menyebutkan, uang semester di kampus itu sekira Rp10 jutaan. Sejak masa pandemi, pihak rektorat kemudian memberikan keringanan dengan potongan Rp300 ribu. Namun hal itu dinilai tidak membantu para mahasiswa.

Pendaftaran Ujian Masuk UIN Dibuka Hari Ini

Massa peserta aksi berunjuk rasa dengan membentangkan spanduk berisi kecaman. Aksi itu mendapat kawalan ketat polisi.

Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus di KPK

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus terkait kasus dugaan korupsi Alat Pelindung Diri (APD)

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024