Mulai 1 Juli, Pasar Blok A dan B Tanah Abang Akan Ditutup Sementara

Pasar Blok A Tanah Abang, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVAnews/ Willibrodus

VIVA – Pasar Blok A dan B Tanah Abang, Jakarta Pusat akan ditutup sementara waktu. Penutupan ini menyusul penemuan kasus positif dari hasil pemeriksaan Covid-19 massal, di kawasan Pasar Tanah Abang, pada pekan lalu.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

"Kita akan tutup mulai besok, Rabu, 1 Juli 2020. Pokoknya hari ini saya kirimkan surat ke mereka, besok mereka sosialisasi dari surat saya, lalu Rabu baru ditutup selama tiga hari," kata Camat Tanah Abang, Jakarta Pusat, Yassin Pasaribu saat dihubungi, di Jakarta, Senin, 30 Juni 2020. 

Dari hasil tes usap yang dilakukan oleh petugas Puskesmas Tanah Abang, sebanyak dua orang terkonfirmasi positif di Blok A Tanah Abang. "Kalau di Blok A ada dua yang positif. Satu pedagang dan 1 lagi karyawan dari pengelola," ujar Yassin.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Orang-orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut dipastikan bukan warga yang berdomisili di Kecamatan Tanah Abang, sehingga dilakukan koordinasi antardaerah untuk penanganan orang-orang tanpa gejala itu.

"Itu bukan warga Tanah Abang. Itu dari luar, tetapi sudah kita kontak ke masing-masing puskesmas untuk ditangani," ujar Yassin.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Selain Pasar Tanah Abang Blok A dan B, ada tiga pasar lagi yang akan ditutup, yaitu Pasar Central Tanah Abang, Pasar Metro Tanah Abang, dan Pasar Mode Tanah Abang. Ketiga pasar itu juga melakukan tes Covid-19 massal bersamaan dengan orang-orang yang bekerja di Blok A dan Blok B Pasar Tanah Abang.

Sebelumnya, para pekerja dan pedagang dari Pasar Tanah Abang blok A dan B menjalani pemeriksaan Covid-19 secara massal, setelah sepekan dibuka di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi, Selasa, 23 Juni 2020. 

Sebanyak 10 orang ditemukan positif Covid-19 dari hasil tes itu di lima pasar Kecamatan Tanah Abang, yaitu Pasar Tanah Abang Blok A, Pasar Tanah Abang Blok B, Pasar Metro Tanah Abang, Pasar Central Tanah Abang, dan Pasar Mode Tanah Abang. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya