Jadikan Kawasan Monas Arena Balap Liar, Polisi Akan Tindak Tegas

Aksi balapan liar. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kepolisian akan menindak tegas para pengendara motor yang kerap menjadikan kawasan Monas, Jakarta Pusat ajang kebut-kebutan. Pasalnya, aksi mereka tergolong meresahkan, karena suara knalpot mereka yang sangat bising. Hal ini karena jalanan di Medan Merdeka yang luas, sepi dan minim hambatan.

Aksi Pengendara Motor Wanita Gagal Menanjak hingga Jatuh Terguling

Kapolsek Metro Gambir AKBP Kade Budiyarta mengatakan, pihaknya tak segan membubarkan dan meminta mereka 'angkat kaki', jika melakukan kebut-kebutan di kawasan Medan Merdeka.

"Kami dari tiga pilar, Polri dan TNI dan satpol PP meminta mereka untuk bubar. Termasuk meminta warga yang nongkrong-nongkrong untuk bubar," kata Budiyarta, Minggu 5 Juli 2020.

Pengendara yang Siksa Pemotor dengan Geberan Knalpot Yamaha RX-King, Akhirnya Begini

Baca juga: Penangkapan Dramatis Bandar Narkoba, tapi Ternyata Salah Tangkap

Budi meminta, agar para pengendara motor tak menjadikan kawasan Monas sebagai arena 'balap liar'. Menurutnya, jika ingin melakukan kebut-kebutan, bisa dilakukan di sirkuit arena balap.

Ribut dengan Pemotor Lain, Pengendara Yamaha RX-King Ini Dipaksa Cium Asap Knalpotnya Sendiri

"Jangan di jalan raya karena ini bisa mengganggu kenyamanan warga. Kalau nekat melakukan aksi kebut kebutan, bakal kami tindak," jelas Budi.

Alumni Akpol 2003 ini  menyebut, mayoritas komunitas motor yang kerap kebut-kebutan di Monas adalah warga luar Gambir.

"Kebanyakan mereka dari seluruh Jakarta atau luar Jakarta. Datang ke Monas hanya untuk nongkrong bahkan kebutan. Kami bubarkan karena ini PSBB dan ganggu keamanan," jelas Budi.

Salah satu antisipasinya adalah menutup ruas Jalan Medan Merdeka Utara agar warga tak melintas disana.

"Kalau situasi ramai, kami tutup di tikungan samping Pertamina (Medan Merdeka Utara)," jelas Budiyarta.

Budi menjelaskan, balap liar itu tidak hanya berbahaya bagi pelaku, tetapi juga pengguna jalan umum yang melintas di sekitar kawasan itu.

Patroli di sekitar kawasan Monas merupakan salah satu titik fokus aparat kepolisian sebagai bagian Operasi Skala Besar Cipta Kondusif Polri di Polda Metro Jaya. Sementara itu, patroli kewilayahan juga menyebar di sejumlah titik di Jakarta untuk mengantisipasi gangguan keamanan ketertiban masyarakat dan menciptakan situasi aman. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya