Kebakaran Hebat di Rawamangun Hanguskan 25 Rumah Warga

Kebakaran hebat terjadi di Rawamangun pada Kamis, 9 Juli 2020.
Sumber :
  • VIVA/ Kenny Putra.

VIVA - Kebakaran hebat yang terjadi di tengah pemukiman padat penduduk di Jalan Pemuda 1, Rawamangun, Jakarta Timur, hanguskan 25 rumah warga pada Kamis, 9 Juli 2020, sore. Pemadaman api di tengah permukiman warga membutuhkan waktu lebih dari satu jam.

Rumah Kebakaran di Simalungun, Dua Balita Tewas

Menurut Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Muchtar Zakaria, kebakaran dipicu dari kebocoran kompor gas. Banyaknya material dan bahan yang mudah terbakar membuat api cepat menyambar. Sebanyak 125 jiwa kehilangan tempat tinggalnya.

"Awalnya kita luncur kan dari pos terdekat, dari anggota sampai di TKP. Ternyata apinya cukup besar, asapnya cukup tebal sehingga total 25 unit. Informasi awal (penyebab kebakaran) dari kompor gas," kata Muchtar di TKP, Kamis, 9 Juli 2020.

Polisi Amankan Bocah Pemicu Kebakaran Bekasi, Lebaran Muhammadiyah Diprediksi Sama dengan Pemerintah

Baca juga: Kebakaran Hebat di Rawamangun Hanguskan 25 Rumah Warga

Petugas pemadam kebakaran sempat mengalami kesulitan saat proses pemadaman api lantaran sulitnya sumber air di sekitar lokasi kebakaran. Pada saat proses pemadaman, seorang petugas damkar sempat terhimpit bangunan roboh.

Gudang Penyimpanan Paket di Cengkareng Kebakaran, Lazada Klaim Pengiriman Tak Terganggu

"Jadi anggota kita sedang proses pemadaman, bangunan yang gampang terbakar sehingga ada yang jatuh tembok yang roboh mengenai anggota kita. Kendala kita adalah sumber air, ada kali di sekitar sini cuma airnya dangkal," kata Muchtar.

Kebakaran terjadi di pemukiman padat penduduk di Jalan Pemuda I, Rawamangun, Jakarta Timur. Kebakaran terjadi pada Kamis sore, 9 Juli 2020 pukul 15.53 WIB.

Bangunan bekas Blok Tirta Gangga Lapas kelas 2A Kerobokan, Bali, yang ludes terbakar

Bekas Hunian Lapas Kelas IIA Kerobokan Bali Ludes Terbakar

Para pekerja sempat melakukan pemadaman darurat secara manual di bekas lapas tersebut namun tak berhasil.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024