Bisa Urus SIM Sambil Malam Mingguan di Bogor, Cek Lokasinya

Warga mengurus SIM di Bogor.
Sumber :
  • Muhammad AR/VIVA.

VIVA – Polres Bogor membuka layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) setiap Sabtu malam atau malam Minggu alias malming. Pelayanan ini diperuntukkan bagi warga yang tak ada waktu mengurus SIM karena sibuk rutinitas bekerja setiap hari.

Jangan Lupa! Perpanjang SIM Mati Tanpa Harus Bikin Baru Berlaku Mulai Besok

"Ya, kami membuka layanan habis Magrib pukul 18.00 WIB sampai pukul 20.30 WIB malam sejak pekan kemarin," kata Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy, diwawancarai VIVA, Sabtu 18 Juli 2020. 

Roland menjelaskan, SIM malam Minggu bertujuan untuk membantu masyarakat yang tidak ada waktu di hari kerja Senin hingga Jumat. Di sisi lain, mengajak anak muda disiplin berlalu lintas.

SIM Mati Masih Bisa Dipakai untuk Mudik Lebaran

"Ini tujuannya mencegah adanya kegiatan muda-mudi, pemuda yang tidak bermanfaat. Nah, daripada tidak bermanfaat nongkrong, SIM-nya mati, kita bantu malam Minggu," jelasnya.

Untuk kuota, kata dia, pengurusan perpanjangan SIM pada malming ini dibatasi. Dalam pendaftarannya, pelayanan ini sudah menerapkan protokol COVID-19. Misalnya, dengan melengkapi hand sanitizer dan penerapan lokasi antrean dengan posisi jaga jarak. Selain itu, pelayanan SIM malming ini mengembangkan pembayaran transaksi nontunai.  

Jangan Panik Jika Ada Angka Ini di SIM Anda

"SIM malam Minggu ini, kita juga melihat situasional. Karena kita mengantisipasi terjadinya kerumunan. Sudah saya koordinasikan penekanan kepada personel yang memberikan pelayanan SIM malam Minggu ini untuk menghindari terjadinya kerumunan dengan tidak membatasi agar memberikan pelayanan prima," katanya.

Baca juga: Rival Gibran Syukuran Tak Dapat Rekomendasi, Cukur Kumis dan Jenggot

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Fitra Zuanda menambahkan, selain pengurusan SIM, inovasi pelayanan juga akan merambah ke pelayanan Samsat. Namun, pihak Lantas masih berkoordinasi dengan Bapenda wilayah Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

"Kita harus bekerja sama dengan Bapenda dulu, koordinasi nanti arahnya bisa ke sana," kata Fitra.

Untuk lokasi pelayanan SIM malam Minggu, Fitra menambahkan, saat ini hanya dibuka di Polres Bogor. Namun, jika ada peningkatan program ini, SIM malam Minggu Polres Bogor akan berkeliling ke lokasi-lokasi di wilayah Kabupaten Bogor. 

"Setelah ditinjau apakah banyak manfaatnya bagi masyarakat yang membutuhkan, apakah bisa diteruskan pelayanan ini di lokasi lain. Untuk sementara lokasinya di Polres Bogor Cibinong," katanya.

SIM 2020 ini berbeda dengan SIM sebelumnya, di mana tanggal pembuatan tidak dengan menggunakan tanggal lahir melainkan tanggal terbit. "Jangan salah lagi, SIM terbaru bukan dengan tanggal lahir tetapi tanggal terbit, nanti SIM baru juga kartunya sudah berbeda dengan yang lama, sudah dari Korlantas Polri," tutur Fitra. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya