Ganjil Genap Jakarta Berlaku Lagi Pekan Depan

Ganjil Genap Jakarta Berlaku Lagi Pekan Depan

Jumat, 31 Juli 2020 | 19:34 WIB
Jumlah lalu lintas meningkat saat PSBB transisi.
Ilustrasi polisi menindak pelanggar ganjil genap
Photo :
  • Istimewa/Foe Peace Simbolon

Ilustrasi polisi menindak pelanggar ganjil genap

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan kembali mengaktifkan kebijakan ganjil genap untuk kendaraan roda empat pada Senin, 3 Agustus 2020.

Kebijakan ini ditetapkan karena situasi lalu lintas selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi semakin meningkat.

"Kebijakan pembatasan lalu lintas diberlakukan kembali pada Senin 3 Agustus 2020," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Jumat, 31 Juli 2020.

Baca juga: PSBB Transisi Lanjut di DKI, Bisakah Tren Penambahan COVID-19 Berhenti

Syafrin mengatakan, peningkatan volume lalu lintas di kawasan ganji genal akibat masih adanya kekhawatiran masyarakat untuk menggunakan transportasi umum di tengah masa Pandemi COVID-19.

Volume lalu lintas pada PSBB masa transisi dibandingkan dengan kondisi normal pada Februari 2020, dikatakan Syarif mengalami peningkatan hingga 1,47 persen di ruas jalam tertentu.

Meskipun ganjil genap diberlakukan kembali, pembatasan kapasitas angkutan umum dipastikannya juga tetap dilakukan untuk menjaga penerapan protokol kesehatan.

"Dari data yang ada terdapat kenaikan jumlah penumpang angkutan umum pada masa PSBB transisi dibandingkan dengan pada PSBB terpantau meningkat kurang lebih sebesar 19,86 persen," imbuh Syafrin.

Ganjil genap akan diberlakukan di 25 ruas jalan Jakarta pada Senin-Jumat. Pada pagi hari berlaku mulai pukul 06.00-10.00 WIB, sedangkan sore hari mulai pukul 16.00-21.00 WIB. 

25 ruas jalan yang akan diberlakukan ganjil genap, yaitu:

1. Jalan Pintu Besar Selatan;

2. Jalan Gajah Mada;

Berita Terkait :
Saksikan Juga