Hari Pertama Kerja dan Ganjil Genap Diberlakukan, Pengguna KRL Stabil

Kondisi Stasiun dan Pengguna KRL Usai Libur Lebaran Idul Adha 1441 H
Sumber :

VIVA – Pengguna kereta commuter line (KRL) pada Senin pagi, 3 Agustus 2020, terpantau relatif stabil. Jumlah pengguna hingga pukul 08.00 WIB tidak berbeda jauh dengan Senin pekan lalu. Meskipun hari ini bertepatan dengan hari kerja pertama usai libur Idul Adha 1441 H, dan diterapkannya kembali aturan ganjil genap di 25 ruas jalan. 

Angkut Ratusan Ton Sampah saat Libur Lebaran, Pemkot Tangsel Catat Ada Kenaikan 10 Persen

VP Corporate Comunications PT KCI Anne Purba mengatakan, dari data tiket elektronik PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) hingga pukul 08.00 WIB, jumlah pengguna KRL secara keseluruhan tercatat 71.325 orang. Angka ini tidak jauh berbeda dari Senin pekan lalu pada waktu yang sama, yakni terdapat 72.529 pengguna.

Anne menjelaskan, sejumlah stasiun yang hingga pukul 07.00 WIB pagi ini meningkat penggunanya, antara lain Stasiun Bogor, Bojonggede dan Rangkasbitung. Di Stasiun Bogor terdapat 6.919 pengguna (naik 6 persen dibanding waktu yang sama pekan lalu), di Stasiun Bojonggede 5.529 pengguna (naik 3 persen), dan di Stasiun Rangkasbitung tercatat 2.301 pengguna (naik 27 persen). 

RSUD Smart Pamekasan Larang Nakes Cuti Antisipasi Lonjakan Pasien Pasca Libur Lebaran

"Meski ada peningkatan, namun di stasiun-stasiun lainnya jumlah pengguna cenderung stabil, sehingga situasi di stasiun pagi ini tetap tertib dan tidak terdapat lonjakan jumlah pengguna maupun antrean yang melebihi hari-hari sebelumnya," kata Anne, Senin, 3 Agustus 2020. 

Baca juga: Ingat, Hari Ini Ganjil-Genap di Jakarta Berlaku Lagi

Intip Wahana Baru Rivera Edutainment Park Bogor, Serunya Kumpul Keluarga Sambil Outbound

Menurutnya, hal tersebut dimungkinkan karena adanya penambahan jumlah perjalanan. Di mana sejak 1 Agustus 2020 PT KCI telah mengoperasikan 971 perjalanan KRL. Para pengguna juga mengikuti imbauan untuk mengatur perjalanannya dengan memanfaatkan akhir pekan untuk kembali ke Jakarta atau lokasi aktivitasnya, serta sebisa mungkin menghindari jam sibuk.

"Selain itu, para pengguna terutama di Stasiun Bogor, Cilebut, dan Cikarang juga telah menggunakan KMT, kartu uang elektronik bank maupun tiket kode QR. Mulai hari ini (3 Agustus 2020) 3 stasiun tersebut resmi menjadi stasiun khusus KMT setiap hari kerja, setelah tiga pekan sebelumnya diuji coba setiap hari Senin," jelasnya.

Dalam memberikan layanan pada masa pandemi ini, PT KCI senantiasa mengutamakan pelaksanaan protokol kesehatan di antaranya, kewajiban menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh saat akan naik KRL, dan pembatasan pengguna di dalam KRL.

Lalu menjaga jarak saat di stasiun maupun KRL, serta penyediaan wastafel tambahan sebagai fasilitas untuk mencuci tangan saat sebelum dan sesudah naik KRL. Kebersihan stasiun dan kereta juga rutin dijaga dengan pembersihan berkala selama beroperasi maupun seusai jam operasional layanan KRL. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya