Terus Meningkat, Positif Corona di Jakarta Bertambah 578 Kasus

Posko Tanggap Covid-19 DKI Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA - Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyebutkan kasus positif COVID-19 yang terjadi di Ibu Kota terus bertambah. Hari ini, Rabu, 12 Agustus 2020, kasus positif Corona bertambah sebanyak 578 kasus.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

"Jumlah kasus konfirmasi positif secara total di Jakarta sampai hari ini sebanyak 27.242 kasus," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia, di Jakarta.

Baca juga: Wagub DKI: Tidak Ada Zona Hitam di Ibu Kota

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Dari jumlah tersebut, kata dia, 17.349 orang dinyatakan telah sembuh dengan tingkat kesembuhan 63,7 persen, dan 968 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 3,6 persen, sedangkan tingkat kematian Indonesia sebesar 4,5 persen.

"Adapun jumlah kasus aktif di Jakarta sampai saat ini sebanyak 8.925 (orang yang masih dirawat/isolasi)," katanya.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 8,3 persen, sedangkan Indonesia sebesar 15,5 persen. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menetapkan standar persentase kasus positif tidak lebih dari 5 persen.

Maka, perlu diingat selalu untuk memperhatikan dan menjalankan prinsip-prinsip ini dalam berkegiatan sehari-hari: tetap tinggal di rumah dan tidak keluar bila tidak ada keperluan mendesak. Selalu jalankan 3M: Memakai masker dengan benar, Menjaga jarak aman 1,5-2 meter, dan Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara rutin.

"Seluruh kegiatan yang diizinkan beroperasi harus dalam kapasitas maksimal 50 persen dan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Ingatkan sesama untuk selalu menerapkan protokol kesehatan," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya