Corona di DKI Melonjak, PSBB Transisi Bakal Diperpanjang Lagi

Ilustrasi menerapkan PSBB di wilayah Jakarta Selatan | Viva.co.id
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB transisi di Ibu Kota. PSBB tahap ketiga akan berakhir pada 13 Agustus 2020. 

Jokowi Targetkan Kajian Penghentian PSBB-PPKM Selesai Pekan Ini

"Kemungkinan begitu (diperpanjang) nanti pak gubernur akan umumkan," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu, 12 Agustus 2020. 

Baca Juga: Total Denda Akibat Langgar PSBB Transisi di Jakarta Jadi Rp2,6 Miliar

Jokowi Sebut PSBB dan PPKM Akan Berhenti Akhir Tahun 2022

Riza belum bisa menyampaikan alasan rencana perpanjangan PSBB transisi di Jakarta tersebut. Ia mengatakan agar menunggu pengumuman resmi dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Nanti lah, mau buru-buru lo. Masa gue kasih pertimbangan tapi belum diumumin sama gubernur," katanya. 

Bus Transjakarta Tabrak Pemulung hingga Tewas di Pancoran

Menurut dia, alasan PSBB diperpanjang bisa saja karena kasus Corona di Ibu Kota terus meningkat. Dengan kurva yang meningkat maka solusinya PSBB bisa diperpanjang.

"Kalau angkanya jelek sekali, ya kan bisa jadi kembali ke PSBB sebelumnya atau kita menggunakan istilahnya emergency break," ujarnya.

Riza pun tak bisa memungkiri kasus positif COVID-19 di Ibu Kota jumlahnya masih melonjak.

"Sekarang ini kan teman-teman bisa lihat. Kasusnya belum membaik, ya kan. Masih ada virusnya. Tapi, kan tidak parah. Jakarta kan angka kematiannnya masih 3,7 persen, gitu loh," ujarnya. 

Sebelumnya, Gubernur DKI Anies Baswedan menyampaikan perpanjangan PSBB masa transisi fase kedua. Perpanjangan PSBB transisi ini terhitung mulai Jumat 31 Juli 2020 hingga 13 Agustus 2020.

Pun, update kasus baru di Jakarta per Rabu, 12 Agustus 2020 ada tambahan sebanyak 578 dalam sehari terakhir. Lalu, total kasus positif di Ibu Kota sementara totalnya mencapai 27.242. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya