Banjir Jakarta, 104 Jiwa Mengungsi dan 63 RT Terendam

Ilustrasi banjir terjadi di beberapa wilayah Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Saptono

VIVA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta mencatat, ada ratusan jiwa yang mengungsi akibat banjir yang terjadi di wilayah Ibu Kota. Mereka yang mengungsi itu tersebar di beberapa lokasi yang ada di DKI Jakarta.

100 Kilometer Jalan di Jateng Rusak karena Banjir, Perbaikan Dikebut hingga H-7 Lebaran

"Pengungsi ada 104 jiwa," kata Kepala BPBD DKI Jakarta, Mohammad Insaf kepada VIVA di Jakarta, Selasa, 22 September 2020.

Baca juga: Banjir Bandang Sukabumi, Pencarian Tiga Warga Hilang Masih Nihil

Sempat Terendam Banjir, Polri Sebut Jalan Demak-Kudus Bisa Dilalui Pemudik

Kemudian, Insaf menuturkan, BPBD DKI Jakarta juga menyiapkan pos pengungsian ada lima lokasi yaitu, Musala Riyadhul Saadah, Kelurahan Kembangan Utara, PT Delta Laras Wisata, RW 07 Kelurahan Rawajati, Puskesmas Rawajati 2, RW 07 Kelurahan Rawajati, halaman rumah dinas, RW 07 Kelurahan Rawajati, dan Rusunawa Pengadegan, Kelurahan Pengadegan. 

Banjir yang mengakibatkan sejumlah RT yang ada di Jakarta itu terendam karena air hujan dan juga adanya air kiriman dari wilayah Bogor, Jawa Barat. Beberapa Rukun Tetangga atau RT yang terendam banjir itu tersebar di berbagai wilayah di Jakarta di antaranya:

Korban Meninggal akibat Banjir dan Longsor di Bandung Barat Bertambah Jadi 4 Orang

 RT tergenang: 63 RT (0,21 persen)

- Jakarta Barat terdapat 14 RT dengan ketinggian 10 s/d 80 cm. 

- Jakarta Selatan terdapat 10 RT dengan ketinggian 10 s/d 40 cm. 

- Jakarta Timur terdapat 37 RT dengan ketinggian 10 s/d 100 cm. 

- Jakarta Utara terdapat 1 RT dengan ketinggian 20 s/d 50 cm. 

- Jakarta Pusat terdapat 1 RT dengan ketinggian 20 cm.

Senin kemarin, hujan yang mengguyur Bogor sejak sore membuat level ketinggian air di Bendungan Katulampa terus mengalami kenaikan. Bahkan Tinggi Muka Air (TMA) saat itu sudah mencapai siaga satu atau 250 sentimeter.

Dikutip dari Instagram BPBD Kota Bogor @bobd.kotabogor, Senin, 21 September 2020, kenaikan TMA terjadi sejak pukul 17.49 WIB yaitu 40 cm. Kemudian pada 17.53 WIB, TMA naik menjadi 120 cm atau siaga 4. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya