Aneka Sampah Menggunung di Manggarai akibat Luapan Bendung Katulampa

Sejumlah alat berat dan truk dikerahkan untuk membersihkan timbunan sampah di Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, pada Selasa pagi, 22 September 2020.
Sumber :
  • VIVA/Wilibrodus

VIVA – Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta melaporkan temuan aneka sampah yang menggunung di Pintu Air Manggarai, Menteng, Jakarta Pusat, setelah permukaan air di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, meluap pada Senin malam, 21 September 2020. Sampah-sampah itu terdiri atas potongan bambu, kayu, plastik, dan lain-lain.

IPI Sebut Pemulung Ujung Tombak Pengumpulan Sampah tapi Banyak yang Tidak Mengapresiasi

Menurut Kepala UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Yayat Supriatna, sampah-sampah itu tiba di Pintu Air Manggarai pada pukul 03.30 WIB, Selasa, 22 September 2020.

Bukan pekerjaan mudah untuk membersihkan sampah-sampah yang menggunung itu, karena pemerintah sampai mengerahkan 40 truk/alat berat—25 unit dari Dinas Lingkungan Hidup dan 15 unit dari Dinas Sumber Daya Air.

Akibat Banjir, Sampah TPA Cipayung Diduga Longsor ke Kali

Baca: Bendungan Katulampa Siaga 1, Bima Arya Telepon Anies agar Waspada

Yayat memastikan, tumpukan sampah itu akan dibersihkan tidak sampai memakan waktu hingga berhari-hari. Dinas telah mengantisipasi penambahan sampah pada hujan berikutnya. 

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

"Kami juga siapkan alat berat ekskavator untuk mengeruk sampah di Pintu Air Manggarai ini. Target kami hari ini harus selesai dalam keadaan kondusif, agar dapat mengantisipasi penambahan sampah berikutnya," ujarnya.

Tinggi muka air pada Senin malam hingga dini hari di Bendung Ciliwung-Katulampa naik hingga 250 sentimeter dan sempat berada dalam status Siaga 1. Kenaikan level TMA itu terjadi pada pukul 18.18 WIB. 

Akibatnya air dari Bendung Katulampa mengalir hingga ke Jakarta pada pukul 03.00 WIB. Aliran air membawa sampah dan menumpuk di Pintu Air Manggarai. Namun, untuk mengantisipasi luapan sampah, dinas terkait telah berupaya membersihkannya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya