10 Raja Mancanegara Bakal Ikut Kirab Budaya di Jakarta

KLB PSSI di Solo
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodik
VIVAnews
Pesan Pep Guardiola ke Real Madrid: Bukan soal Permainan, Tapi Tolong Benahi Hal Ini
- Pemprov DKI akan menyelenggarakan World Royal Heritage Festival atau pesta raja-raja sedunia. Acara tersebut akan diadakan pada 5-8 Desember 2013.

Dubes Australia Beri Ucapan Selamat Idul Fitri ke Umat Muslim di Indonesia

Pesta para raja ini akan diikuti 156 keraton nusantara, 10 kerajaan mancanegara, seperti Inggris, Skotlandia, Kaisar Jepang, Filipina, Malaysia dan Brunai Darussalam.
Pertamina Adds 7.36 Million Three-kg Gas Canisters for Eid al-Fitr


"Semua negara yang akan ikut udah
confirm
. Kita udah rencanakan lama ada beberapa yang nggak jadi ikut seperti Thailand. Mereka nggak ikut karena tanggal 6-7 Desember disana ulang tahun raja," kata Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.


Sebelumnya Jokowi membuat undangan khusus bagi kerajaan Inggris untuk ikut serta dalam acara ini. Undanga itu diserahkan langsung kepada Pangeran Andrew yang datang beberapa waktu lalu ke Jakarta sebagai utusan dagang kerajaan Inggris.


Untuk menggelar perhelatan ini Pemprov DKI harus merogoh kocek yang sangat dalam. "Biaya yang kita keluarkan besar. Ini sebanding dengan
event
yang ingin kita buat reguler dua tahun sekali," ujar Jokowi.


Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budiman mengatakan, total anggaran yang dibutuhkan untuk acara ini sebesar Rp20 miliar. Anggaran itu dialokasikan untuk biaya akomodasi peserta festival, transportasi termasuk promosi.


Ia menargetkan, jumlah kunjungan turis mancanegara di acara itu mencapai 2,2 juta orang atau 10 persen lebih banyak dibanding penyelenggaraan sebelumnya.

Adapun jumlah kunjungan wisatawan domestik ditargetkan sebesar 28 juta orang, sementara tahun sebelumnya 25 juta orang.


World Royal Heritage Festival atau pesta raja-raja sedunia akan menampilkan beragam seni dan budaya kerajaan nusantara serta mancanegara. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya