Ahok: Gubernur Sekarang Tak Sampai Berkorban Nyawa

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama ziarah ke TMP
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menganggap tugasnya saat ini dalam memimpin pembangunan Jakarta jauh lebih ringan.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Hal itu bila dibandingkan dengan yang dilakukan para pejuang, termasuk beberapa gubernur awal masa kemerdekaan.

Dalam melaksanakan tugasnya saat ini, Ahok mengatakan, ia tidak perlu sampai mengorbankan nyawa seperti apa yang dilakukan oleh para pendahulunya yang kini beristirahat di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

"Perjuangan saya tidak sampai berkorban darah, apalagi nyawa," ujar Ahok saat melakukan ziarah ke makam para pahlawan dan mantan gubernur DKI di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa, 16 Juni 2015.

Ia merasa terharu dengan pengorbanan yang telah dilakukan oleh para pahlawan dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Pengorbanan para pahlawan itu, kata Ahok, merupakan sebuah pengingat sebagai Gubernur DKI agar melaksanakan amanat konstitusi dan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Makanya apa yang selalu kami usahakan itu bagaimana caranya membuat kepala, perut, dan dompet rakyat itu penuh. Kami selalu menyiapkan kebijakan yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan rakyat," kata Ahok.

Ahok melaksanakan ziarah rutin ke TMP Kalibata dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Jakarta. Turut serta bersama Ahok adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Sekretaris Daerah DKI Saefullah, serta ratusan pejabat dan Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Provinsi DKI. Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Bestari Barus juga terlihat turut serta dalam ziarah ini.

Ada lima makam yang disambangi, yaitu makam Gubernur DKI Jakarta ke-12 Letjen TNI (Purn) Wiyogo Atmodarminto, Wali Kota Jakarta ke-5 Sudiro Hardjodisastro, Wali Kota Jakarta Raya ke-1 dan ke-3 Raden Suwiryo, pahlawan nasional Ahmad Yani, serta Wakil Presiden ke-5 Soedharmono.

Ziarah dilakukan setelah sebelumnya Ahok memimpin apel serta prosesi mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan. Di tiap makam yang didatangi, Ahok, Djarot, beserta rombongan melakukan prosesi tabur bunga setelah sebelumnya berdoa bersama.

Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan

Ahok sempat menyalami keluarga Wakil Presiden ke-5 Soedharmono yang juga sedang berziarah. Di makam Wali Kota Jakarta Raya ke-1 dan ke-3 Raden Suwiryo, Ahok bertemu dengan beberapa bekas pegawai mantan wali Kota yang memimpin di era Presiden Soekarno itu, dan menerima sebuah buku biografi Raden Suwiryo dari mereka. Saat ini Ahok melanjutkan ziarahnya ke Taman Makam Karet Bivak di Jakarta Pusat.

Posko logistik demo 4 November

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ada empat posko yang disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016