Siapa Pemilik Drone yang Jatuh di Menara BCA Jakarta

Ilustrasi drone
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Polisi tela mengetahui pemilik pesawat tanpa awak atau drone yang jatuh di Menara BCA, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Polisi Kembalikan Drone yang Jatuh di Menara BCA

"Iya benar ada drone (tanpa awak) yang jatuh. Pesawat Drone jenis Phantom II," kata Kanit Reskrim Polsek Metro Menteng, AKP Ridwan R Soplanit.

Ridwan menjelaskan, pemilik drone diketahui warga Bekasi. Berdasarkan pengakuan pemilik, saat itu pada malam 20 Juli 2015, yang bersangkutan sedang mengoperasikan drone dari atas hotel. Drone itu kemudian jatuh dan hilang.

"Pemilik berinisial OX (30) warga Bekasi yang bekerja di salah satu hotel bintang lima di Jakarta. Pada tanggal 30 Juli 2015, pria berinisial OX ini datang ke Polsek Menteng dan mengaku bahwa drone itu miliknya, tapi karena tidak bawa bukti kepemilikan, kami belum bisa berikan," jelasnya.

Lebih lanjut Ridwan mengatakan, tidak ada orang yang menjadi korban akibat jatuhnya pesawat tanpa awak tersebut. Drone tersebut jatuh di kawasan yang ramai dilalui warga. Hingga saat masih dilakukan penyelidikan terkait kronologis dan motif penerbangan drone tersebut.

"Kita masih melakukan penyelidikan karena kita pelajari dulu apakah melanggar dalam aturan Permenhub No. 90 Tahun 2015 tentang Peraturan Penggunaan Drone. Yang dilihat di lapangan, tidak ada kerugian dan kerusakan akibat jatuhnya Drone itu," katanya.

Polisi: Pemilik Drone Belum Bisa Dijerat Hukum
pesawat Northrop Grumman MQ-4C Triton

Polri Naksir Pesawat Tanpa Awak Ciptaan LAPAN

Membantu pihak kepolisian dalam membuat rencana aksi pengamanan.

img_title
VIVA.co.id
4 September 2015