Kebakaran Pabrik Bekasi Gara-gara Uji Coba Bohlam

Api Tak Kunjung Padam.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Dua Pekerja Tewas, Proyek Hotel Swiss Bell Dihentikan
- Kebakaran yang melanda pabrik spare part listrik milik PT Global Meter (Golmet) Industri di Pangkalan 1B, Kelurahan Bantargebang, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, diduga akibat kegagalan produksinya yang sedang dalam pengujian di gudang pabrik itu, Selasa 5 Januari 2016 malam.

Identitas Dua Korban Tewas di Kebakaran Swiss-Belhotel

Menurut Kasubag Humas Polresta Bekasi Kota Iptu Puji Astuti, ada tiga saksi yang diperiksa di antaranya dua orang satpam dan satu karyawan yang bertugas di gudang yang terbakar tersebut. Dari keterangan sementara ketiganya, kebakaran terjadi saat proses pengujian produksi lampu bohlam jenis
Kebakaran di Swiss-Belhotel, Api Sulit Dipadamkan
light plus combo .


"Jadi keterangan saksi, awalnya diduga dari bohlam yang sedang dalam proses pengujian di gedung produksi dan gedung
injection
(tempat pembuatan
casing
kwh listrik) atau yang terbakar hebat tadi malam," ujar Puji, Rabu 6 Januari 2016.


Puji menduga, kebakaran terjadi saat uji coba lampu bohlam --yang memiliki keunggulan bisa menampung daya sehingga saat listrik mati bohlam tetap menyala. Bohlam diuji dengan tetap dinyalakan secara terus menerus, sekaligus untuk mengetahui masa hidup bohlam itu.


"Memang sesuai prosedur, semua produksi termasuk bohlam ini sesuai aturan," kata Puji.


Biasanya, kata Puji, untuk mendapatkan hasil pengujian itu ditentukan oleh karyawan yang menggantikan karyawan sebelumnya. Namun, belum sampai jam pergantian karyawan, kebakaran terjadi di gudang pengujian bohlam itu.


Diketahui kebakaran terjadi pukul 17.30, sedangkan karyawan penguji meninggalkan lampu bohlam sekitar pukul 17.00. Sejak saat itu kondisi tempat pengujian kosong. Karyawan baru akan masuk lagi sekitar pukul 22.00.


"Jadi kami pastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," ujar Puji.


Hingga saat ini, perkara kebakaran masih ditangani Polsek Bantargebang. Adapun kerugian kebakaran sampai saat ini belum dapat diperkirakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya