Polisi Antisipasi Kemacetan Lalu Lintas Jelang Libur Panjang

Sejumlah kendaraan bergerak padat merayap setelah keluar pintu tol Gadog, Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/3/2013).
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Akhir pekan ini, masyarakat akan memasuki libur panjang mulai dari Jumat 25 Maret 2016 hingga Minggu 27 Maret 2016. Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan lalu lintas, Kepolisian telah mempersiapkan pengaturan lalu lintas untuk masyarakat yang berencana berpergian ke luar kota.

"Libur panjang akan digunakan oleh masyarakat untuk mudik, berkunjung ke tempat wisata atau keramaian dan beribadah di gereja bagi umat Nasrani," ujar Kepala Subdit Pembinaan Penegakan Hukum (Bin Gakkum) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto, Kamis 24 Maret 2016.

Menurut Budiyanto, diperkirakan akan terjadi peningkatan volume kendaraan pada ruas-ruas jalan nasional dan jalan tol dalam kota ke luar Jakarta dan akses sekitar objek wisata maupun di sekitar gereja.

Untuk itu, Kepolisian menyiapkan langkah-langkah antisipatif sehingga kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibacar lantas) selama libur panjang tetap terjaga.

"Langkah-langkah antisipasi yaitu melakukan rekayasa lalu lintas, membatasi operasional kendaraan besar sebelum pukul 22.00 WIB, melarang kendaraan parkir di bahu jalan, terutama rest area dan menyiapkan rute alternatif," ujarnya.

Jika ada antrean kendaraan pada gerbang tol atau rest area sampai dengan mencapai 1-5 km, maka cara bertindak membantu transaksi (jemput kendaraan) pada tiap gate tol atau gerbang transaksi dan atau melakukan buka tutup rest area serta turunkan tim urai.

"Lalu jika antrean menjelang rest area lebih dari 5 km dan terganggunya kamseltibcar lantas serta membuat laju kecepatan 0-5 km/jam, maka akan dilakukan contra flow dan buka tutup exit tol," kata Budiyanto.

Apabila kedua hal tersebut terjadi, maka pihak kepolisian sudah menyiapkan pengalihan arus kendaraan dari jalan tol ke ruas jalan arteri.

"Kekuatan yang akan dilibatkan dari Polri, Dishub, Satpol PP, Jasa Marga dan pemangku kepentingan lainnya. Pengamanan akan dilaksanakan dari tanggal 24 Maret sampai dengan 27 Maret 2016," paparnya. (one)

Tagar Boikot Menggema, Netizen Ngeri Liburan ke Thailand
Camping dengan pemandangan alam

Rekomendasi Tempat Camping Murah Pemandangan Indah di Semarang

Jika tertarik liburan sambil berkemah, tak perlu jauh-jauh ke Kalimantan merasakan kesegaran alam. Bagi yang berada di Semarang, berikut rekomendasi camping seru

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022