Ini Langkah Kemenhub Mengurai Kemacetan

Ilustrasi macet.
Sumber :
  • tmc polda twitter

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan menyatakan terus bekerjasama dengan korlantas Mabes Polri dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk untuk mengatur  kemacetan lalu lintas yang terjadi saat libur panjang kali ini.

Sopir M44 Mogok Massal, Kuningan-Tebet Macet Total

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, JA Barata mengatakan langkah kementerian perhubungan untuk mengatasi kemacetan adalah langsung terjun ke lapangan bersama dengan Korlantas Mabes Polri dan Jasa Marga.

"Jadi di lapangan kita bareng, langkah kita ya seperti penataan-penataan di pintu keluar tol, mengoptimalkan bagaimana ada kelancaran di situ, masing-masing petugas terjun ke lapangan, langkahnya beda-beda, ada pengalihan arus, sistem buka tutup, jadi kalau di lapangan itu case per case," kata Barata kepada VIVA.co.id, Jumat 25 Maret 2016.

Yang Perlu Disiapkan Saat Melintasi Tol di Libur Panjang

Menurutnya, Kemenhub selalu fokus kepada sumber-sumber kemacetan untuk melakukan pengamatan dan mencari langkah-langkah seperti pemberlakuan sistem buka tutup yang ditangani oleh petugas yang berada di lingkup Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub.

"Memang di lapangan kita kerja bareng, kalau di kemenhub dari direktorat Jenderal Perhubungan Darat, kita melakukan pengamatan di sumber-sumber kemacetan di pintu tol, baik yang keluar maupun masuk," kata dia.

Air Sungai Luber, Jalan Squadron Halim Lumpuh

Barata menambahkan bahwa kemacetan yang terjadi sejak Kamis Malam, 24 Maret 2016 hingga Jumat pagi, 25 Maret 2016 memang kerap terjadi setiap ada libur panjang.

"Macet semalam itu kan karena kepadatan aja, tinggal pengaturan aja. Karena menjelang libur panjang, ada peningkatan tentunya," tuturnya.

Kendaraan bermotor melintas di jalan Jakarta di jam-jam sibuk.

Bank Dunia : Macet Jakarta Habiskan Rp39,9 Triliun

Warga Jakarta rata-rata menghabiskan waktu 3,5 jam dalam kemacetan.

img_title
VIVA.co.id
14 Juni 2016