Didominasi Kendaraan Pribadi, Tol Jakarta-Cikampek Padat

Peta kemacetan tol cikampek
Sumber :
  • Google Maps

VIVA.co.id - Kondisi arus lalu lintas di ruas Tol Jakarta- Cikampek, Jumat, 25 Maret 2016, mengalami kepadatan luar biasa. Bahkan, kondisi ini diketahui sudah sejak pagi hari terjadi di sepanjang jalan tol tersebut.

Rekomendasi Tempat Camping Murah Pemandangan Indah di Semarang
Juru bicara PT Jasamarga Tol Jakarta Cikampek, Iwan Abrianto, mengatakan sejak pagi hingga siang ini, kondisi arus lalu lintas padat. Tercatat, kendaraan yang melintas sampai pukul 14.00 wib, sebanyak 37.266 kendaraan.
 
Tagar Boikot Menggema, Netizen Ngeri Liburan ke Thailand
"Jumlah ini meningkat dibandingkan hari biasanya, sekitar 11 persen. Dan data itu diambil oleh petugas yang masuk GT Cikarang utama. Normalnya 33.623 kendaraan," kata Iwan.
 
Dear Millenial, Modal Rp50 Ribu Sekarang Udah Bisa Traveling
Menurut Iwan, mengatasi kepadatan arus lalu lintas di Tol Jakarta Cikampek, pihaknya sejak pagi sudah melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik, di antaranya buka tutup SS Cikunir, buka tutup Rest Area km 19.
 
Selain itu, kata Iwan, petugas di gerbang tol Cikarang Utama pun melakukan sistem jemput bola kepada pengendara untuk mempercepat proses transaksi.
 
"Kami juga melakukan sistem contra flow dari kilometer 35 - 42, sejak pukul 10.20 WIB hingga saat ini. Kini, kondisi lalu lintas sudah mulai terurai dibantu personel kepolisian yang ada di dalam tol," jelas dia.
 
Sementara itu, petugas Sentral Komunikasi Jasa Marga Tol Jakarta-Cikampek melaporkan terjadi kepadatan kendaraan di Gerbang Tol Cikarang Utama arah Cikampek mencapai 30 kilometer, Jumat siang.
   
"Kemacetan terjadi mulai dari KM 9 Cikunir sampai ke KM39 Deltamas Cikarang sejak pukul 06.00 WIB sampai 11.30 WIB," kata Petugas Piket Senkom Jasa Marga Jakarta-Cikampek, Praptono.
 
Ia menjelaskan kendaran di ruas tol Jakarta-Cikampek saat ini didominasi kendaraan pribadi dan truk bertonase berat milik perusahaan ekspedisi yang berasal dari Jakarta menuju Cikampek.
   
"Kecepatan kendaraan hanya 20 KM/jam mulai dari Cikunir, lintas Gerbang Tol Cikarang Utama dan berakhir kemacetan di Gerbang Tol Delta Mas Cikarang," katanya.
 
Sedangkan arus kendaraan selepas dari Deltamas ke arah Karawang sudah terpantau lancar hingga Gerbang Tol Cipali, Purbalenyi dan Cikampek. "Kondisi hujan, pengendara diharapkan tetap berhati-hati," ujar Praptono. (ase)
 
Laporan: Muhammad Hari Fauzan / Bekasi
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya