Ahok Pilih Terapkan Ganjil Genap Sebelum ERP

Gerbang jalan berbayar atau Electronic Road Priecing (ERP)
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Pemprov DKI mulai menerapkan uji coba penghapusan sistem pengendali kemacetan 3 in 1, yang bertujuan untuk membatasi jumlah kendaraan roda empat pada waktu-waktu tertentu di sejumlah jalan protokol di Jakarta, Selasa 5 April 2016. Ujicoba akan berlangsung hingga dua minggu ke depan.

Nanti Lewat Jalan Berbayar di Jakarta Bayar Rp19.900

Berkaitan dengan rencana penghapusan kebijakan ini, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menawarkan kebijakan ganjil genap jika kemacetan berambah parah akibat penghapusan 3 in 1 nantinya. Ganjil dan genap diterapkan sebelum Electronic Pricing Road (ERP) dipasang.

"Tetap ERP, tapi kalau memang macet kayak Gatsu, mungkin kita akan kasih bus, kemudian akan terapkan ganjil genap," ujar Ahok di Balaikota, Jakarta, Selasa 5 April 2016.

Waduh di Jakarta Rencananya Ada 18 Ruas Jalan Berbayar

Menurut Ahok, Pemda DKI telah lama mengkaji kebijakan ganjil genap. Namun, karena rencana penerapan ERP, ganjil genap akhirnya dibatalkan.

"Memang dari awal 3 in 1 sudah mau kita hapus. Karena itu, banyak membuat kemacetan di pinggiran. Nah, kita mau menuju ERP. Waktu mau menuju ERP, kita pikir bisa cepat, sebenarnya sebelum ERP kita mau ke yang ganjil genap. Jadi, waktu itu kita pikir swasta akan cepat memasang, ternyata memang aturannya tidak gampang ERP," katanya.

Depok Tegaskan Tak Siap Terapkan Jalan Berbayar di Margonda

Namun, tambahnya, karena 3 in 1 disalahgunakan oleh joki untuk ekploitasi anak, kebijakan ganjil genap akan dihidupkan kembali. "Kalau tambah parah, harus terapkan ganjil genap, sambil tunggu ERP," kata Ahok. (asp)

Pengendara melintasi alat teknologi sistem jalan berbayar elektronik (ERP) di Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu, 14 November 2018.

Keuntungan yang Didapat Jika Gage Diganti dengan Jalan Berbayar

Menurut Kepala Unit Sistem Jalan Berbayar Elektronik DKI Jakarta, penerapan jalan berbayar elektronik bermanfaat pada empat aspek.

img_title
VIVA.co.id
21 Desember 2021