Ahok Akan Minta Jokowi Setuju Gabungkan 4 Pulau

Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Ginanjar Mukti

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, dalam rapat terbatas (ratas) terkait reklamasi Teluk Jakarta yang akan diselenggarakan bersama Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, ia akan meminta pemerintah pusat menyetujui idenya untuk menjadikan Pulau N, yang direklamasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pelindo II, memiliki peruntukkan yang sama dengan Pulau O, P, dan Q yang direklamasi Pemerintah Provinsi DKI.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

DKI ingin menjadikan keempat pulau, yang letaknya di sub kawasan barat area reklamasi, menjadi pelabuhan laut terpadu, yang melayani DKI Jakarta dan wilayah di sekitarnya, seperti Port of Rotterdam di Belanda.

"Kita mau minta Presiden, Pulau N digabung dengan pulau kita," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki di Balai Kota DKI, Rabu 27 April 2016.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Ahok mengatakan, kepemilikan kawasan nantinya bisa ditentukan dengan proporsi yang sesuai antara Pemprov DKI, pemerintah pusat, dan Port of Rotterdam, yang diminta DKI membantu pengembangan.

Selain itu, Ahok mengatakan, ia juga akan meminta Jokowi mencarikan jalan keluar untuk menjamin proyek reklamasi Teluk Jakarta bisa berlanjut usai pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait zonasi, dihentikan.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Proyek reklamasi harus berlanjut, karena pengurukan 17 pulau untuk menciptakan daratan baru di wilayah DKI Jakarta, sudah termasuk ke dalam rencana mega proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) yang turut disusun pemerintah pusat.

"Karena, enggak mungkin hasil mereklamasi dimanfaatkan (dengan mendirikan bangunan di atas pulau) kalau Raperda Zonasi enggak diketok," ujar Ahok. (asp)

Rencana reklamasi Teluk Jakarta oleh pengembang.

Jika Moratorium Dicabut, Ahok Ingin Gabungkan 4 Pulau

Empat pulau yang digabungkan yakni Pulau O, P, Q dan Pulau N.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2016