Resmi Dibuka, Jakarta Fair Targetkan 5 Juta Pengunjung

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama buka Jakarta Fair Kemayoran 2016.
Sumber :
  • Fajar GM/ VIVA.co.id

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama membuka perhelatan tahunan Jakarta Fair Kemayoran 2016, yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-489 Kota Jakarta. 

Tutup Jakarta Fair, Djarot Pesan Cintai Produk Indonesia

Ahok, sapaan akrab Basuki, menyampaikan dalam kepercayaan Tionghoa, angka 489 memiliki makna khusus. Angka itu melambangkan kesuksesan dan kemakmuran, sesuai harapan pencapaian Kota Jakarta.

"489 ini angka hoki. Si, ba, jiu, yang artinya sukses, makmur, selama-lamanya," ujar Ahok di arena Jakarta Fair, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 10 Juni 2016.

38 Hari, Telkomsel Klaim Raih 7.500 Pelanggan 4G LTE

Pada kesempatan ini, Ahok juga menyampaikan rencana Pemerintah Provinsi DKI untuk terus memajukan Kota Jakarta.

Salah satu program utama adalah pembangunan tanggul laut raksasa yang termasuk dalam tahap A, proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD). Tanggul setinggi 3,8 meter akan dimulai pembangunannya bulan ini akan menghalau banjir rob akibat laut pasang yang kerap terjadi di pesisir Jakarta.

Wahana 3D 'Penjara Setan' di Jakarta Fair

"Tanggul akan mulai dikerjakan untuk menyelesaikan kajian Belanda sejak tahun 1973. Dahulu Pak Harto membangun Waduk Pluit, kita selesaikan dengan membangun tanggul supaya ketika hujan, laut pasang, Jakarta tidak tenggelam," ujar Ahok.

Di bidang transportasi, Ahok memberi janji pemancangan tiang pertama untuk moda transportasi kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta yang juga akan dilaksanakan bulan ini. Sementara pengerjaan konstruksinya akan dimulai Oktober 2016.

Untuk tahap pertama, proyek ini menghubungkan Kelapa Gading - Rawamangun, dan ditargetkan siap beroperasi saat penyelenggaraan Asian Games di Jakarta pada 2018.

Ahok mengatakan, moda transportasi itu selanjutnya juga ditargetkan menghubungkan banyak tempat di Jakarta, termasuk arena Jakarta Fair dengan Bandara Soekarno-Hatta.

"Tahun depan belum. Tapi mungkin sewaktu Jakarta Fair ke-53, sudah ada kereta dari bandara ke sini," kata  Ahok.

Jakarta Fair Kemayoran 2016 akan diselenggarakan hingga 17 Juli 2016. Acara pameran dan pertunjukan yang digadang-gadang sebagai terbesar se-Asia Tenggara ini akan berlangsung selama 38 hari.

Sementara itu, panitia Jakarta Fair Kemayoran 2016 menargetkan jumlah pengunjung akan mencapai 5 juta orang, dengan nilai transaksi Rp5 triliun.

"Jakarta Fair ke-49 merupakan kegiatan marketing, ajang promosi bisnis, dan pameran industri kreatif anak bangsa yang dibawakan perusahaan swasta, BUMN, BUMD, serta pelaku usaha nasional dan internasional," ujar Ketua Panitia Penyelenggara Prajna Murdaya.

Lebih dari 2.000 perusahaan dan pelaku usaha menjadi peserta Jakarta Fair. Selama penyelenggaraan acara, pengunjung juga akan dihibur pertunjukan musik dari band berbeda setiap hari.

Selain Ahok, pembukaan acara ini turut dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, anggota DPRD DKI, serta pejabat TNI/Polri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya