Ahok Nilai Terlalu Banyak Perda Bikin Seperti Negara Bagian

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama
Sumber :
  • VIVA.co.id / Fajar GM

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mendukung langkah Presiden RI Joko Widodo membatalkan 3.143 Peraturan Daerah (Perda) yang dianggap bermasalah.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

Menurutnya, pelaksanaan otonomi yang pengawasannya kurang optimal justru membuat pemerintah daerah membuat regulasi yang tak sepenuhnya beriringan dengan kebijakan pemerintah pusat. Regulasi yang tak beriringan, tak jarang bertentangan dengan kebijakan pemerintah pusat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara nasional.

"Dulu terlalu banyak masing-masing daerah ngarang-ngarang sendiri, jadi lama-lama kayak negara bagian, enggak benar," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI, Selasa, 14 Juni 2016.

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

Ahok mengaku belum memastikan apakah dari 3.143 Perda yang dibatalkan, ada Perda DKI di sana. Bila ada, Ahok tetap mendukung pembatalannya. Dia yakin pemerintah pusat memiliki perhitungan yang tepat untuk membatalkan Perda yang dianggap bermasalah.

"Saya kira (tindakan) Presiden sudah tepat. Semua Perda yang bertentangan dengan UUD '45 harus dicabut," ujar Ahok.

PDIP Rayakan Imlek, Hasto Kenang saat Usung Ahok Jadi Cagub DKI

Jokowi mengumumkan pencabutan 3.143 Perda pada Senin, 13 Juni 2016. Perda yang dicabut adalah Perda yang dianggap menghambat pertumbuhan ekonomi daerah dan memperpanjang jalur birokrasi, menghambat proses perizinan dan investasi, menghambat kemudahan berusaha, dan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

Jokowi menyampaikan pembatalan dilakukan dalam rangka menjadikan Indonesia bangsa besar yang toleran dan memiliki daya saing.

Komut Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

Ahok berharap, subsidi BBM yang diberikan Pemerintah dievaluasi dari yang tadinya ke produk, jadi langsung ke penerima.

img_title
VIVA.co.id
11 Februari 2022