Sandiaga Uno Ajarkan Warga Cilandak Kelola Keuangan

Sandiaga Uno bersama warga Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis, 16 Juni 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Irwandi Arsyad

VIVA.co.id – Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno memberikan materi pendidikan pengelolaan keuangan kepada warga Kelurahan Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis, 16 Juni 2016.

Pujian Sylvi untuk Agus Yudhoyono

"Alhamdulillah hari ini kami diberikan kesempatan untuk memberikan pelatihan kepada ibu-ibu di Kelurahan Cilandak Barat," kata Sandi Uno, sapaan Sandiaga Uno, di Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan. 

Peserta pelatihan didominasi ibu-ibu pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) tersebut. Mereka memilliki usaha beragam. Ada yang bergerak di bidang kuliner, fashion, jasa perdagangan. Namun mereka mengalami kesulitan lantaran melonjaknya harga pokok.

Argumen LSI soal Ahok Berpotensi Kalah

"Kami memberitahukan mereka bagaimana melakukan penghematan. Bagaimana membeli sesuai kebutuhan bukan sesuai dengan keinginan," ujar Sandiaga.

Menurut dia, rata-rata UKM menyerap banyak tenaga kerja, khususnya para ibu. Sejumah 99 persen penyerapan lapangan pekerjaan di DKI Jakarta dan Indonesia ada pada ibu-ibu. Sebab, mereka rata-rata mempekerjakan antara 2-4 orang.

Jurkam Ahok-Djarot Diinventarisir, Jokowi Tak Dilibatkan

"Ini harus ada suatu program yang konkret untuk membantu mereka. Peningkatan SDM (sumber daya manusia) mereka dan membantu akses permodalan," kata Sandiaga.

Sandi Uno akan mendorong sektor permodalan untuk UKM agar berkembang. "Kami mendorong sebuah program jasa keuangan di mana mungkin mereka bisa tersentuh dari koperasi dan lembaga keuangan mikro," ujarnya. 

Usai memberikan materi pelatihan, Sandi sempat mendapat celetukan dari warga. "Ku tunggu janjimu Pak Sandi," ujar salah satu warga seraya bercanda. (ase)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya