Mobil yang ke Luar Jakarta Terus Meningkat

Kendaraan pemudik saat melintas di jalan tol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono memprediksi, kendaraan yang ke luar dari Jakarta untuk mudik mulai ramai hari ini, Jumat 1 Juli 2016.

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Awi pun mengecek arus mudik hari ini dengan menggunakan helikopter. Dari pantauanya, dia menyebut arus lalu lintas masih terkendali.

Namun, dari data arus mobil yang ke luar dari Jakarta terus meningkat selama dua hari kemarin, Rabu dan Kamis (29-30 Juni 2016). "Yah memang pada hari Rabu mulai ada peningkatan kendaraan yang ke luar dari Jakarta," kata Awi.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

Kepala Humas PT Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso menambahkan, volume lalu lintas pada Kamis 30 Juni 2016, terjadi kenaikan sebesar 24 persen.

"Yaitu sebanyak 114.054 kendaraan dengan lalu lintas hari normalnya sebanyak 91.649 kendaraan," ujarnya.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

Untuk hari ini, Heru menuturkan, kondisi lalu lintas masih terkendali. Belum ada antrean yang cukup panjang di jalan tol.

"Per pukul 14.00 WIB, dari pantauan Cikarang Utama mengarah ke Cikampek masih ramai lancar, panjang antrean 7-8 kendaraan," ucapnya.

Diprediksi, peningkatan arus kendaraan ke luar dari Jakarta akan semakin kencang pada Jumat sore atau malam nanti. Tapi puncak arus mudik baru akan terjadi pada H-5 dan H-4, yakni Sabtu dan Minggu (2-3 Juli 2016) esok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya