Pendatang Baru Tertarik Jadi Driver Ojek Online di Jakarta

Suasana arus balik Lebaran di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta. (11/07/16)
Sumber :
  • Reza Fajri

VIVA.co.id – Bus-bus pengangkut pemudik yang selesai menghabiskan libur Lebaran terus berdatangan ke Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Hingga siang ini, belasan ribu penumpang dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan juga Sumatera telah menjejakkan kaki di Ibu Kota Jakarta.

Anies Prediksi 71 Ribu Pendatang Baru Jakarta Setelah Lebaran

Selain penumpang yang memang kembali setelah mudik, banyak dari mereka juga para pendatang baru yang ingin mengadu nasib di Jakarta. Salah satunya adalah Ruli, lelaki berusia 26 tahun asal Wonosobo, Jawa Tengah. Ruli yakin dapat memperbaiki nasibnya di Jakarta. 

"Iya, lebih memilih ke Jakarta. Kayaknya senekat-nekatnya dapat lah kerjaan di Jakarta," kata Ruli di Terminal Kampung Rambutan, Senin, 11 Juli 2016.

Adu Nasib di Jakarta, Sandiaga Minta Pendatang Punya Skill

Ruli mengaku, ini bukan kedatangan yang pertama kali di Jakarta. Ia mengungkapkan pada tiga tahun lalu pernah ke Jakarta dan bekerja sebagai call center di sebuah bank.

"Dahulu pernah kerja di sini juga, setahun. Terus pulang kampung, ada usaha di sana. Terus coba ke sini lagi," ujar Ruli.

Aparat DKI Razia Pendatang Baru dan Pasangan Kumpul Kebo

Ia mengaku pernah mengambil kuliah diploma ilmu manajemen di tempat asalnya. Karena itu, dia optimis bisa mendapat kerja di Jakarta. Jika tidak mendapat panggilan, ia ingin mencoba menjadi driver ojek online yang menurutnya tidak terlalu sulit untuk bisa masuk.

"Iya (kerja) apa ajalah. Jadi tukang Gojek juga kalau bisa enggak apa-apa. Saya kan lihat-lihat di televisi, ada namanya Gojek gitu. Kan nanti ambil kredit motor, terus jadi driver Gojek saja," katanya.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

DKI Tak Lagi Operasi Yustisi atas Pendatang Baru, ini Alasan Anies

"Kita kebijakannya adalah kesetaraan."

img_title
VIVA.co.id
12 Juni 2019