Hindari Macet, Sembunyi-sembunyi Ahok Naik Bus Transjakarta

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama
Sumber :
  • VIVA.co.id / Fajar GM

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menggunakan layanan Transjakarta untuk menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 Garda Pemuda NasDem.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Acara, diselenggarakan di Energy Building, Kawasan Bisnis Terpadu Sudirman (Sudirman Central Business District/SCBD), Jakarta Selatan, pada pukul 19.30 WIB.

Ahok, sapaan akrab Basuki, turun dari mobil dinasnya di Jalan Jenderal Sudirman dekat Halte Busway Dukuh Atas I pada pukul 19.15 WIB. Kondisi Jalan Sudirman tengah macet parah.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

Di sekitar Halte Dukuh Atas, banyak petugas Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI berjaga. Ahok terlihat ditemani dua orang ajudan.

Ahok kemudian turun di Halte Polda Metro Jaya yang dekat kawasan SCBD. Ia masuk ke mobil yang telah menunggu dan melaju ke Energy Building yang ada di tengah kawasan SCBD.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Ditemui seusai acara HUT Garda Pemuda NasDem, Ahok awalnya menampik ia menggunakan Transjakarta supaya tidak terlambat tiba di tempat penyelenggaraan acara.

"Kamu salah lihat kali," ujar Ahok kepada wartawan, Jum'at, 22 Juli 2016.

Namun, akhirnya ia mengakui. Ahok mengatakan, aturan terkait sterilisasi jalur bus yang ia sahkan sendiri melarang mobilnya menggunakan jalur bus. Aturan, hanya memperbolehkan mobil dinas Presiden, Wakil Presiden, menteri, mobil ambulans, dan mobil pemadam kebakaran melalui jalur bus selain bus Transjakarta.

Namun, hal itu bukan berarti ia sendiri secara pribadi tidak diperbolehkan menggunakan jalur bus untuk menghindari kemacetan. "Kalau mobil enggak bisa masuk jalur evakuasi (nama lain jalur bus), ya naik bus Transjakarta," ujar Ahok.

Ahok juga mengapresiasi bus yang ditumpanginya. Ia menggunakan bus gandeng Scania yang merupakan pengadaan PT. Transportasi Jakarta pada tahun 2015. "Scania memang oke," ujar Ahok.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya