Pilkada Jakarta 2017

Djarot: Peluang Ahok Didukung PDIP Terbuka Lebar

Wagub DKI Jakarta Djarot
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat mengatakan peluang Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk didukung partai berlambang kepala banteng itu masih terbuka lebar.

Ahok-Djarot Resmi Daftar Jadi Petahana Pilkada DKI 2017

Djarot mengatakan, PDI Perjuangan mempunyai mekanisme untuk menentukan calon kepala daerah yang akan diusung. Salah satunya dengan pendaftaran penjaringan yang dilakukan PDI Perjuangan. Khusus untuk pintu itu, Djarot mengatakan peluang Ahok sudah habis.

"Kalau memang Pak Ahok mau melalui PDI Perjuangan, paling tidak ya harus melalui mekanisme juga, tapi daftarnya jangan injury time," kata Djarot usai haul Bung Hatta di Jakarta, Jumat 12 Agustus 2016.

Firasat Djarot Sebelum Diduetkan dengan Ahok

Satu-satunya kemungkinan, lanjut Dajrot, yaitu Ahok ditunjuk melalui hak prerogatif Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

"Tidak harus mendaftar, tapi bisa melalui hak prerogatif (ketua umum)," kata dia.

Syarat Penting yang Harus Dibawa Ahok-Djarot ke KPUD

Meskipun begitu, Djarot mengatakan, PDI Perjuangan belum akan membuat keputusan siapa yang akan diusung dalam waktu dekat. Saat ini, partainya membahas terlebih dulu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di daerah lainnya, sebelum ke DKI Jakarta.

"Khusus Jakarta, belum. Jakarta kan daerah khusus ibu kota, apalagi ada ibu kotanya. Jadi butuh kekhususan. Sehingga kita selesaikan dulu yang 100 daerah, nanti baru yang khusus," ujar Djarot.

Koalisi kekeluargaan kumpul mendadak, siapkan lawan Ahok

Enam Partai Sepakat Usung Satu Pasangan Lawan Ahok-Djarot

Kesepakatan terjadi di rumah SBY dan Prabowo.

img_title
VIVA.co.id
22 September 2016