VIDEO: Awas, Modus Pencurian Berkomplot di Mal

Modus pencurian di mal
Sumber :
  • Facebook/Videofb

VIVA.co.id – Modus pencurian di pusat perbelanjaan masih terus terjadi. Salah satu video modus pencurian yang banyak di-share dari akun Facebook berakun Videofb pada 8 Agustus 2016, yaitu modus pencurian di Emporium Pluit Mall, Jakarta Utara.

Lebih dari 400 Penjahat di Jadetabek Ditangkap dalam 15 Hari

Dalam video itu, pencuri datang berkelompok, yaitu tiga orang terdiri dari satu pria dan dua wanita.

Modus kelompok pencuri itu, yakni mendekati korban dan mereka bertiga menyesaki samping kiri, kanan dan belakang korban, saat mengantre makanan prasmanan. Saat korban fokus memilih menu makanan dan menunggu antrean yang di depannya, kelompok pencuri beraksi.

Bobol Yayasan di Tangerang, Seorang Remaja Curi Uang Puluhan Juta

Dalam video itu, kedua wanita pertama kali masuk dalam antrean dari arah berlawanan. Kedua wanita langsung mengambil posisi di samping korban dan mencoba mengalihkan perhatian dengan aktif di samping kanan korban. Setelah dua wanita masuk, menyusul pelaku pria.

Saat korban makin lengah, sang pria berdiri di belakang korban dan menoleh ke kanan dan ke kiri untuk memastikan situasi di lingkungan sekitar.

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Saat sang pria mencoba untuk mengutil barang milik korban, satu wanita menutupi aksi sang pria dengan mengibaskan syal miliknya. Dengan modus ini, sehingga saat pria menjalankan aksinya, praktis tertutupi dari pandangan publik.

Penampilan ketiga pelaku yang terekam dalam video CCTV mendapat sorotan dari pengguna Facebook. Pengguna umumnya tak menyangka, penampilan ketiganya yang rapi dan bersih tersebut ternyata beraksi kriminal.

Salah satu pengguna Facebook berakun April Ridha terkejut, sebab sudah akrab dengan wajah ketiga pelaku.

"Maaf sblm nya .. Ini org sering bgt ke outlet sya.. Mereka sering berlima.. Wanita 4 laki2 satu..
Klo gk slh mlm sabtu mereka ke outlet sya.. Sya yg melayani mereka. Sya hapal bgt muka nya..,"
tulis April dalam komentarnya.

April menuliskan kelompok tersebut sering mampir di outlet Roti Bakar Edi di depan Gramedia, dekat Hotel Margo, Margonda, Depok, Jawa Barat.

Sayangnya, kata April, di outletnya tidak terdapat CCTV, sehingga dia mengaku harus berkoordinasi keamanan dengan teman-temannya serta bersiaga jika mereka datang kembali ke outlet tempat April bekerja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya