Tetangga Ragu Bocah 11 Tahun Dijadikan PRT di Koja

Majikan penganiaya bocah PRT (pakai topeng) dibekuk aparat Polsek Koja
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA.co.id – Kasus dugaan penganiayaan bocah pembantu rumah tangga (PRT) berinisial ACW oleh majikannya, Anwar, tengah menjadi sorotan. Tetangga di sekitar rumah tersangka di kawasan Koja tak yakin jika anak berusia 11 tahun itu dipekerjakan sebagai pembantu.

Kisah Kejamnya Majikan atas Bocah yang Dia Perbudak di Koja

Menurut Bila, tetangga Anwar, korban termasuk dimanja oleh Anwar dan anaknya. Bahkan, mereka kerap membelikan mainan yang disukai oleh ACW seperti sepatu roda.

"Setahu saya dia (ACW) juga rutin mendapat uang saku Rp20 ribu sehari. Rambutnya kan keriting, dia (korban) minta diluruskan, dikasih uang sama keluarga Anwar," kata Bila, Selasa, 6 September 2016.

Di Rumah Ini Bocah 11 Tahun Diperbudak dan Disiksa Anwar

Ia tidak yakin korban dijadikan PRT di rumah Anwar. Sebab, keluarga Anwar telah memiliki dua pembantu rumah tangga. "Biasanya, dia (korban) paling diminta untuk beli minyak goreng, telur di warung. Saya tidak melihat dia dijadikan pembantu rumah tangga," ujarnya.

Namun, ia membenarkan Anwar tak pernah menyekolahkan ACW. Padahal teman-teman sebaya ACW sudah menginjak kelas 5 sekolah dasar (SD). Korban terkadang mengeluhkan hal tersebut kepadanya. "Enggak tahu kenapa sampai sekarang enggak sekolah," ujar Bila.

Derita Anak Jadi Budak di Koja

Diketahui, keluarga Anwar tergolong kalangan mampu. Dia memiliki usaha minuman jamu di kawasan Koja, Jakarta Utara. Perusahaan itu dikelola oleh anak sulung Anwar.

Sebelumnya diwartakan, seorang bocah 11 tahun berinisial ACW diduga dipekerjakan sebagai PRT. Dia diduga telah disiksa majikannya selama tiga tahun.

ACW pertama kali dibawa majikannya dari Sulawesi ke Jakarta pada usia delapan tahun. Saat itu, majikannya berjanji membawa dia untuk disekolahkan di Jakarta. Tapi, pada kenyataannya, ACW tak sekolah.

Pelaku diduga membotaki kepala ACW dan memukulinya karena diduga mencuri uang senilai Rp10 juta. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya