Jelang Penetapan Calon Gubernur, Balai Sudirman Macet Parah

Kemacetan di depan Balai Sudirman, Jakarta Selatan.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Danar Dono

VIVA.co.id – Menjelang pengumuman nomor urut calon Gubernur DKI Jakarta, situasi lalu lintas di depan Balai Sudirman Jakara Selatan terpantau macet parah. Kemacetan terjadi di kedua arah, baik menuju Balai Sudirman maupun Pancoran.

VIDEO: Normal Baru DKI, Jalanan Jakarta Padat Lagi

Pantauan VIVA.co.id, Senin, 24 Oktober 2016, puluhan polisi dari Polda Metro Jaya terlihat sibuk melakukan pengaturan lalu lintas.  Selain itu, beberapa petugas Sabhara tambahan juga mulai tiba dengan menggunakan motor trail memasuki Balai Sudirman.

Di halaman depan Balai Sudirman, sekitar 30 an orang menggelar aksi damai untuk mendukung pilkada damai. Massa dari Lintas Pemuda Etnis Nusantara tersebut membentangkan spanduk panjang bertuliskan ‘pilihan boleh beda, jauhi isu SARA (pilkada siap menang siap kalah) ‘ tulis spanduk tersebut.

Ternyata Ini Penyebab Jakarta masih Macet saat PSBB

"Kita harus jaga kebhinekaan Indonesia dengan jauhi Isu SARA," ujar seorang orator.

Pengalihan lalu lintas

Warga Jakarta Bukan Pemilik Mobil dan Motor Terbanyak di Indonesia

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono mengatakan, sudah meminta para tim sukses (timses) masing-masing pasangan calon tidak membawa banyak massa. Menurut Awi, hal itu dilakukan untuk mencegah gesekan antar para pendukung masing-masing paslon.

"Yah memang kita tidak bisa hindari pasangan calon akan membawa pendukungnya. Tapi kan sudah dibatasi oleh KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) dan apa yang sudah disepakati KPUD ya silakan karena keterbatasan tempat dan kami sudah mengimbau kepada timses-nya tidak membawa massa berlebihan karena sudah ditentukan KPUD jumlah yang boleh masuk ke dalam," kata Awi kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin 24 Oktober 2016.

Mengenai rekayasa lalu lintas di sekitar Balai Sudirman, Awi menuturkan, pihaknya sudah menyiapkannya. Menurutnya, rekayasa lalu lintas bersifat situasional.

"Nanti kami lihat situasional ya. Kalau nanti perlu penutupan ya kita tutup dan jika ada pengalihan ya kami lakukan tapi kami berharap pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan tidak mengganggu lalu lintas," ujarnya

Dia pun meminta masyarakat tak usah khawatir dan tetap menjalani aktivitas seperti biasa. Polda Metro Jaya akan mengamankan dan menginformasikan situasi lalu lintas terbaru di sekitaran Balai Sudirman.

"Silahkan masyarakat melakukan aktivitas seperti biasa, kami akan lakukan pengamanan dan nanti jika diperlukan pengalihan dan pengamanan ya kami lakukan dan nanti akan disampaikan. Kita juga ada TMC tentu akan kami beri tahu perkembangannya," ucapnya.

Untuk pengamanannya, Polda Metro Jaya sudah menyiapkan ratusan personel. Untuk pengamanan pengundian nomor urut pada Selasa 25 Oktober 2016, pihaknya masih belum bisa memastikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya