Hujan Deras, Katulampa Minggu Malam Siaga Tiga

ilustrasi bendungan Katulampa Bogor
Sumber :
  • ANTARA/Jafkhairi

VIVA.co.id – Hujan deras disertai angin kencang yang telah mengguyur wilayah Kota Bogor, terutama di kawasan Puncak, Jawa Barat, mengakibatkan ketinggian bendungan Katulampa Bogor sempat mencapai siaga dua dan kemudian turun menjadi siaga tiga. Warga Jabodetabek yang tinggal di bantaran sungai Ciliwung bersiap-siap mendapat kiriman air dari Bogor.

Bendungan Katulampa Kering, Air Diprioritaskan untuk Pertanian

Andi Sudirman, penjaga bendungan Katulampa, mengatakan, pada pukul 16.00 WIB, ketinggian bendungan Katulampa mencapai 40 sentimeter (cm) atau siaga empat. Dan karena kawasan Puncak diguyur hujan deras, perlahan ketinggian air di bendungan Katulampa naik.

Pada pukul 18.00 WIB, ketinggian air di bendungan Katulampa mencapai 100 cm atau status siaga tiga. Namun, pada pukul 18.35 WIB, air naik lagi menjadi 170 cm atau siaga dua.

BPBD DKI Ungkap Wilayah Terendam Banjir di Jakarta, Bendungan Katulampa Masih Siaga 3

"Pada pukul 19.15 WIB, ketinggian bendungan Katulampa mengalami penurunan, yakni 150 cm atau siaga tiga," katanya.

Karena itu, dia mengingatkan warga Jabodetabek yang tinggal di bantaran sungai Ciliwung bersiap-siap mendapat kiriman air hujan dari Bogor. "Kami akan terus memantau perkembangan ketinggian bendungan Katulampa," ucapnya.

Banjir di Jaktim Ada di 4 Lokasi, Paling Tinggi di Kramat Jati
Akibat curah hujan yang tinggi di wilayah Puncak, Kabupaten Bogor, debit air semakin tidak tertahan dan membuat salah satu pintu Bendung Katulampa, Kecamatan Bogor Timur jebol pada Jumat 5 April 2024.

Hujan Deras di Bogor, Satu Pintu Bendungan Katulampa Jebol

Salah satu pintu Bendungan Katulampa yang berada di tengah jebol akibat terhantam aliran air yang deras.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024