Daftar Pemilih Tetap di Jakarta Pusat Ada 747.152 Jiwa

Daftar Pemilih Sementara Pilkada DKI Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum Jakarta Pusat, Arif Bawono, menyebutkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di wilayahnya berkurang sebanyak 10.746 jiwa dari hasil Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang dirilis sebelumnya, yakni sebanyak 757.898 jiwa.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Data itu mereka ketahui setelah KPU Jakarta Pusat menerima Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4). Dengan demikian, Arif menegaskan, di Jakarta Pusat ada sebanyak 747.152 DPT dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 mendatang.

"Ketika kami terima DP4, awalnya kan data 800 ribu orang sekian. Ketika kami sinkronisasi dengan melakukan crosscheck door to door ke lapangan, kami temukan kasus itu. Lalu kami crosscheck dengan wilayah lain, kemudian kami input dan terjadilah penyaringan data itu," ucapnya di Hotel Grand Cempaka, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa, 6 Desember 2016.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

Arif menjelaskan, penyusutan itu terjadi lantaran dua alasan, yakni, karena masih tercantumnya sejumlah data yang belum diperbaharui, serta terdapatnya data ganda para pemilih.

"Itu karena ketika data kami klarifikasi dan crosscheck yang bersangkutan masih menggunakan data yang lama. Karena itu tim KPU Jakarta Pusat melakukan penghapusan data di DPT,” kata Arif.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Yang kedua, lanjut Arif, adalah karena data itu ganda di wilayah lain, banyak sekali. Karena ganda, sudah diklaim sama wilayah lain seperti di Timur, Barat, dan lain-lain. “Ternyata ada pemilih kami yang punya data 2 atau 3 yang ganda, karena itu kami melakukan penyaringan," katanya.

Dengan demikian, KPU Jakarta Pusat menyepakati, total jumlah DPT di Jakarta Pusat sebanyak 747.152 orang, dengan rincian sebagai berikut:

- 67.734 jiwa di Kecamatan Gambir;
- 90.332 jiwa di Kecamatan Sawah Besar;
-163.867 jiwa di Kecamatan Kemayoran;
- 89.258 jiwa di Kecamatan Senen;
- 65.388 jiwa di Kecamatan Cempaka Putih;
- 64.323 jiwa di Kecamatan Menteng;
-114.064 jiwa di Kecamatan Tanah Abang;
-92.186 jiwa di Kecamatan Johar Baru.

Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta telah mencatat sebanyak 757.898 jiwa yang masuk dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pilkada DKI Jakarta 2017 di Jakarta Pusat. Jumlah DPS itu tersebar di delapan kecamatan di wilayah Jakarta Pusat. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya