Uskup Agung di Katedral: Jaga Persaudaraan Antarumat

Ilustrasi misa di gereja Katedral.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Uskup Agung, Mgr. Ignatius Suharyo dalam pesan Natalnya saat misa di Gereja Katedral, Jakarta menyatakan pentingnya menjaga persaudaraan antarumat dan jangan sampai terpecah 

Katedral Dijadikan Tempat Disko Bikin Umat Kristen Murka

Menurut Ign. Suharyo, pesan Natal bersama ini ada tiga hal yang dapat disampaikan. Pertama, Natal bukan peristiwa masa lampau, tetapi realitas dan pengalaman umat Kristiani dan aktualitas kelahiran Yesus.

"Kedua adalah konteks dulu Yesus lahir dan menurut sejarah Yesus lahir di Palestina dan dalam jajahan Romawi. Yesus ada di hiruk pikuk kehidupan dunia, begitu pun kita yang sekarang," kata Suharyo di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Minggu 25 Desember 2016.

Kunjungi Gereja Katedral, Kapolri Beri Pesan Jaga Persatuan di Tengah Perbedaan Pilihan Politik

Ia menyatakan, masalah di dunia itu sampai sekarang belum selesai pengaruhnya, seperti masalah sosial, politik, dan agama. "Tentu perayaan Natal ini memuat amanat, terhadap masalah-masalah aktual dan bagian kedua dari pesan ini sekarang dilihat dari negeri kita," tuturnya.

Pesan Natal yang ketiga adalah soal narkoba serta persaudaraan yang saat ini merajalela dan bisa membuat perpecahan. Untuk itu, tema Natal ini adalah bersatu sebagai bangsa.

Mahfud Sebut Pemerintah Senang Bisa Dorong Umat Beragama Gelar Ibadah dengan Baik dan Aman

"Dan tentu kita membutuhkan analisis yang lebih jelas. Gereja Katolik Keuskupuan Agung ingin mewartakan sila pertama Pancasila. Katolik kerahiman yang memerdekakan, yaitu Allah. Dan untuk terus berpikir dan mencari jalan sila kedua makin adil dan beradab," tuturnya.

Masjid Istiqlal

Jadi Contoh Toleransi, Terowongan Penghubung Istiqlal dan Katedral Jadi Sorotan Dunia

Lokasi Masjid Istiqlal yang berhadapan dengan Gereja Katedral di Jakarta Pusat selalu menarik perhatian publik. Lokasi yang saling berdekatan ini menjadi simbol kerukunan

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024