Kisah Mengerikan Penyelam Basarnas Saat Cari Korban KM Zahro

Tim penyelam Basarnas saat didekati ikan berukuran besar.
Sumber :
  • Danar Dono - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pencarian korban hilang dalam tragedi terbakarnya kapal wisata KM Zahro Express di Perairan Kepulauan Seribu pada 1 Januari 2017 lalu masih terus berlangsung.

KM Mutiara Berkah I yang Angkut 136 Truk Terbakar Hebat di Merak, Prajurit Lanal Banten Dikerahkan

Dalam pencarian itu, banyak pihak yang dilibatkan, terutama tim penyelam dari Badan SAR Nasional. Tapi, meski penyelam handal Basarnas telah dikerahkan, pencarian korban masih banyak dihadang kendala.

Charly, salah satu penyelam Basarnas, menceritakan banyak kendala yang dihadapi tim pencari dan penyelamat untuk menemukan korban. Terutama kendala cuaca di lokasi yang membahayakan serta faktor teknis lainnya.

Bus Pelat Merah Penyebab KMP Royce 1 Terbakar Milik Kemendag, Mau Antar Rombongan Nikah

Menurut Charly, untuk mencari korban di dasar lautan, penyelam harus lebih berhati-hati. Kondisi di dalam lautan lebih membahayakan ketimbang di permukaan.

Terutama tentang jarak pandang penyelam yang sangat pendek, akibat terhalang lumpur yang mengambang di air laut. 

Kepanikan dan Tangisan Penumpang saat Tahu Kapal KMP Royce 1 Terbakar

"Jarak pandang cuma satu sampai dua meter, itu karena lumpur yang tersebar, jadi agak menyulitkan" ujar Charly, di atas kapal milik Basarnas KN24, Kamis 5 Januari 2017.

FOTO: Tim penyelam Basarnas

Charly menuturkan, selain itu arus air di dasar laut lebih deras dari arus air di permukaan, kondisi itu setiap saat bisa menyebabkan penyelam terseret dan hanyut.

Dan yang paling menakutkan selama melakukan penyelaman di lokasi, menurut Charly, ialah kemunculan ikan-ikan berukuran sangat besar.

FOTO: Tim penyelam Basarnas selamatkan diri dari ikan besar.

Hal itu dialaminya ketika melakukan penyelaman pada hari keempat pencarian, tiba-tiba sekelompok ikan berbentuk mengerikan datang dan mengepung tim penyelam. Tim sempat dilanda kekhawatiran karena mereka awalnya mengira ikan itu adalah kawanan ikan hiu pemangsa.

Disinyalir itu adalah hiu tutul. “Agak ngeri juga, karena kalau sampai dia merasa terganggu kita bisa diserang," ujarnya.

FOTO: Ikan yang kepung tim penyelam Basarnas.

Karena ukuran ikan-ikan yang datang sangat besar, tim saat itu terpaksa harus kembali ke perahu karet dan menghentikan sementara pencarian demi keselamatan penyelam.

"Besarnya kira kira dua kalinya kapal karet kita, ngeri lagi kami, akhirnya tunda dulu sampai ikannya menjauh baru lanjut," ujar Charly.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya