Amankan Imlek, Polisi Waspadai Pembagian Angpao

Pembagian Angpao Imlek di Vihara Dharma Bakti Petak Sembilan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Kepolisian telah menyiapkan berbagai strategi untuk mengamankan perayaan Tahun Baru Imlek 2568 yang akan digelar di vihara-vihara yang tersebar di seluruh wilayah Ibu Kota Jakarta.

Viral Pengunjung Mal Padati Perayaan Imlek di Bandung

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, berdasarkan catatan kepolisian, ada sekitar 238 vihara yang akan dijadikan lokasi perayaan Imlek.

Dari jumlah itu, ada dua wilayah di Jakarta yang paling banyak berdirinya vihara, yakni Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Sebanyak 62 di Jakarta Utara dan 83 vihara di Jakarta Barat.

Bikin Imlek Penuh Keberuntungan dengan 9 Bunga dan Tanaman Ini

"Memang kedua wilayah itu paling banyak (vihara) dan personel diturunkan di dua wilayah tersebut paling banyak," kata Argo, Jumat, 27 Januari 2017.

Argo menuturkan, setiap vihara mempunyai tingkat kerawanan yang berbeda. Karena itu, jumlah personel kepolisian yang dikerahkan juga akan berbeda untuk setiap lokasi perayaan Imlek.

Atraksi Barongsai Hingga Pameran Satwa Meriahkan Perayaan Imlek

"Tergantung umatnya setiap vihara. Nanti polres setempat yang akan mengevaluasi. Polda Metro akan mem-back-up," ujarnya.

Nantinya, kata Argo, di setiap vihara akan ditempatkan beberapa anggota polisi dari berbagai unsur dan kesatuan seperti Brimob, Sabhara, dan Lalu Lintas.

Pembagian angpao

Menurut Argo, salah satu kegiatan yang rawan akan hal yang tak diinginkan ialah saat berlangsungnya pembagian angpao. Sebab, dipastikan banyak warga yang akan datang untuk mendapatkan angpao.

Di saat itu, kegiatan pembagian angpao rawan terjadi aksi desak-desakan, saling dorong sehingga rentan memicu adanya korban akibat terhimpit.

"Kami atensi juga pemberian angpao. Jangan sampai masyarakat desak-desakan dan terhimpit. Kami tidak mau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Argo.

Argo menuturkan, kepolisian juga akan melaksanakan prosedur tetap pengamanan hari raya di setiap tempat ibadah. Salah satunya dengan melakukan sterilisasi vihara agar jemaah beribadah dengan tenang. "Tentunya ada. Itu kan protap," ujarnya.

Selain itu, kepolisian akan mengamankan setiap tempat yang menjadi kerumunan massa seperti tempat perbelanjaan dan tempat wisata. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya