Tak Ada Penambahan Pasukan, Kapolda Jamin Debat Kedua Aman

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan di lokasi debat Cagub DKI 2017
Sumber :
  • VIVA/Nadlir

VIVA.co.id – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa tidak ada penambahan aparat keamanan yang diturunkan untuk mengamankan debat publik kedua, Pilkada DKI Jakarta 2017 kali ini.

Calon Wali Kota Depok Pradi Supriatna Ingin Bangun Museum Kota

Menurut dia, pasukan keamanan yang diterjunkan masih sama dengan pasukan yang mengamankan debat publik pertama, Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu.

"Hari ini kami mengamankan debat pilkada kedua, dengan tema reformasi birokrasi dan pelayanan publik serta penataan perkotaan. Pola yang kami gunakan masih sama seperti kemarin," ungkap Iriawan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat 27 Januari 2017.

Debat Pilkada Depok, Pradi Sebut Jagoan PKS Bicara Tak Sesuai Fakta

Total, aparat keamanan yang diterjunkan jumlanya kurang lebih mencapai 2.600 personel Kepolisian. Mengamankan area luar dan dalam lokasi debat publik Pilkada.

"Personelnya cukup banyak, 2.600 personel keamanan seperti kemarin. Meskipun ada penambahan waktu sesi debat dari panitia 30 menit. Yang jelas penambahan waktu berapapun akan kita amankan," dia.

Debat Pilkada, Siti Nur Aziza Sebut Tata Kota Tangsel Semrawut

Pengamanan itu, kata dia, dibagi beberapa ring, luar dan dalam lokasi debat, mulai dari ring 1, ring 2, ring 3 dan ring 4. Ia memastikan bahwa keamanan debat publik Pilkada akan terjamin.

"Kami sudah pastikan tadi anak buah siap sesuai dengan SOP yang diberikan kepada mereka. Di dalam seperti biasa ada kanalisasi masing-masing," kata dia.

"Pasangan calon dan pendukungnya, tengahnya ada Polwan. Di ring luar kita juga ada 3 sektor. Kami pastikan orang yang masuk ring 1 dalam keadaan steril. Termasuk juga di luar, apabila ada massa pasangan calon yang akan datang memberikan dukungan," tambah dia.

Meski telah melakukan berbagai upaya pengamanan dan antisipasi, ia juga tetap berharap debat publik kedua Pilkada DKI Jakarta kali akan berjalan lancar.

"Sudah kita kanalisasi pembagian batas-batasnya. Insya Allah bisa berjalan lancar sesuai dengan harapan kami seperti kemarin," tegas dia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya