Djarot Sindir Rumah Apung, Agus Sebut Hoax

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) disaksikan Calon Wakil Gubernur Slyviana Murni .
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Calon Wakil Gubernur peserta Pilkada DKI Jakarta 2017 Djarot Saiful Hidayat melontarkan pertanyaan soal konsep rumah apung yang disebutnya pernah ditawarkan oleh pasangan calon nomor urut satu, Agus-Sylviana.

Darmizal Sebut Somasi SBY Tidak Memiliki Dasar Hukum

Dalam pernyataannya, Djarot menyebut bahwa rumah apung itu konsep baru. "Katanya ada konsep baru, rumah apung? Bagaimana caranya menggeser rumah-rumah itu?" ujar Djarot ketika diberikan kesempatan bertanya dalam debat kandidat di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Jumat, 10 Februari 2017.

Agus yang menjawab pertaanyaan itu langsung menengarai bahwa apa yang dilontarkan Djarot tersebut, terkesan lucu. Sebabnya, dasar pertanyaan Djarot justru menggunakan informasi yang disebut Agus sebagai informasi Hoax.

Siap Hadapi Demokrat, Prof Yusuf Henuk: Tidak Ada Bahasa Menghina

"Ini gagal fokus, menanyakan sesuatu berdasarkan informasi hoax. Tapi nggak apa saya senang melayani pertanyaan seperti ini," kata Agus.

Ia kemudian menyebut bahwa konsep rumah apung yang ditanyakan Djarot tersebut, secara prinsip bukanlah program yang diusung oleh Agus-Sylviana. Namun merupakan sebuah informasi yang ditawarkan oleh Agus-Sylviana bahwa membangun itu bisa dilakukan tanpa harus menggusur.

Calon PKS di Pilkada Depok Sembuh COVID-19 tapi Ikuti Debat Virtual

"Rumah apung ada di mana-mana. Ini hanya sebuah ilustrasi bahwa membangun tanpa menggusur itu memungkinkan, bisa dilakukan. Tapi kami tidak pernah membuat rumah apung sebagai program," kata Agus.

Menurut Agus, pihaknya sejak awal hanya menawarkan program untuk hunian rumah layak, yakni berupa konversi hunian horizontal menjadi vertikal.

"Jadi secara bertahap, rumah kumuh bisa di-upgrade tanpa harus menggusur. Mereka akan tetap punya lahan. Memiliki bukan menyewa," kata Agus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya