Malam Ini Warga Bantaran Sungai Ciliwung Diminta Waspada

Bendungan Katulampa, Bogor.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Jafkhairi

VIVA.co.id – Hujan deras yang telah mengguyur wilayah Bogor terutama di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, mengakibatkan  bendungan Katulampa Bogor naik  hingga 170 sentimeter dan dinyatakan siaga dua.  

BPBD DKI Ungkap Wilayah Terendam Banjir di Jakarta, Bendungan Katulampa Masih Siaga 3

Warga Jakarta, Bogor, Depok yang berada di bantaran Sungai Ciliwung agar waspada mendapat kiriman air hujan dari Bogor.

"Saat ini, ketinggian bendungan Katulampa mencapai 170 cm (sentimeter) dengan kecepatan air sebesar 340 m2 (meter persegi)," kata Andi sudirman, penjaga bendungan Katulampa, Rabu 15 Februari 2017.

Banjir di Jaktim Ada di 4 Lokasi, Paling Tinggi di Kramat Jati

Ia mengatakan, yang menyebabkan ketinggian bendungan Katulampa mencapai 170 cm ini karena di kawasan Puncak di guyur hujan deras dari siang hingga sore tadi. "Sampai saat ini, kondisi di puncak masih dalam hujan," ujarnya.

Ia mengatakan, awalnya ketinggian bendungan Katulampa hanya setinggi 80 cm. Lantaran, di kawasan puncak masih diguyur hujan deras, lama kelamaan ketinggian bendungan perlahan-lahan naik.

Puncak Bogor Diterjang Banjir, Rumah Warga Terendam

Pada pukul 16.20 WIB, ketinggian bendungan Katulampa mencapai 150 cm dalam posisi siaga tiga, pada pukul 17.00 wib, ketinggian bendungan Katulampa mencapai 170 atau siaga dua. "Kami mengimbau warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung agar waspada kiriman air hujan dari Bogor," kata Andi.

Bendungan Katulampa Kering

Bendungan Katulampa Kering, Air Diprioritaskan untuk Pertanian

Air yang ada di Bendungan Katulampa dibagi dua. Yaitu ke Kali Baru untuk kebutuhan pertanian,  Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2023