Pilkada DKI 2017

Surat Suara Kurang, Djarot Merasa Dirugikan KPU

Plt Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Ade Alfath

VIVA.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, menyayangkan kurangnya jumlah surat suara saat hari pencoblosan putaran pertama Pilkada DKI Jakarta, Rabu, 15 Februari 2017. 

Komjen Dharma Pongrekun Konsultasi Syarat Cagub Perseorangan ke KPU DKI

Djarot mengatakan besarnya partisipasi masyarakat kurang diantisipasi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta. 

"Kan partisipasinya luar biasa. Itu artinya, dukungan real dari kita sampai kekurangan surat suara, itu kan namanya menghilangkan hak konstitusi warga negara untuk memilih. Jadi, untuk memilih itu kan hak dasar," kata Djarot di Balai Kota, Jakarta, Jumat, 17 Februari 2017. 

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024

Djarot merasa dirugikan atas masalah kurangnya surat suara tersebut. Sebab, menurutnya, banyak di antara pendukung Ahok- Djarot tak dapat memberikan hak suara. 

"Kalau anda mengatakan apakah kami dirugikan? Sebagian besar itu pendukung kami. Artinya, sekarang saudara-saudara kita yang ada di luar negeri pada pulang untuk nyoblos kebanyakan begitu. Kebanyakan mereka hanya ingin memastikan Jakarta yang sudah ada perubahan yang cukup bagus ini, harusnya dituntaskan. Begitu saja," Djarot menuturkan.

Golkar dan Gerindra Sepakat Rekomendasikan Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI

Djarot berharap hal tersebut menjadi perhatian KPU DKI Jakarta dan tidak terjadi di pencoblosan putaran kedua mendatang. "Supaya KPU untuk bisa memperbaiki sistemnya," kata Djarot. (ase)

Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024