Ada Aksi 212 Besok, Hindari Jalan Depan Gedung DPR

Ilustrasi pengalihan arus lalu lintas.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Forum Umat Islam berencana akan menggelar aksi pada Selasa 21 Februari 2017 besok. Acara yang dinamai dengan aksi 212 jilid II ini rencananya akan dilakukan di depan Gedung MPR/DPR mulai pukul 07.00 WIB.

Mabes Polri Cium Aroma Provokasi di Aksi 212

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, mengatakan, pihaknya akan mengatur lalu lintas di sekitar gedung MPR/DPR. Namun, Argo menuturkan pengaturan lalu lintas bersifat situasional.

"Nanti dari Dirlantas melihat lingkungan sekitar Senayan dan DPR, kira-kira apakah perlu ada pengalihan arus atau tidak, tapi sifatnya situasional," kata Argo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin 20 Februari 2017.

FUI Serahkan Penindakan Pengacau Aksi 212 ke Polisi

Mengenai jumlah aparat kepolisian yang mengamankan aksi, ia tidak menyebutkan angka secara pasti. Namun, ia menyebut personel akan disesuaikan dengan massa yang akan datang.

"Jadi personel disesuaikan fakta massa di lapangan nanti, disesuaikan berapa jumlahnya. Sekarang masih tunggu perkembangan. Yang pasti cukup lah," ujar Argo.

FUI Bantah akan Duduki DPR di Aksi 212

Untuk massa dari luar kota, mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini mengatakan, Polda Metro Jaya sudah berkoordinasi dengan Polda sekitar seperti Polda Banten dan Polda Jawa Barat.

"Tentu kita juga koordinasi dengan polda samping Jakarta. Kita sudah mencari informasi atau komunikasi dengan mereka. Kita sudah persiapkan semuanya untuk besok," ucapnya.

Nantinya, setiap koordinasi ini untuk mengetahui apakah massa akan berangkat bersama-sama atau sendiri ke gedung DPR/MPR.

"Titik kumpulnya DPR. Nanti kita koordinasi dengan Polda samping. Yang di Banten dan yang di Jawa Barat. Mereka akan sama-sama atau tidak dan apakah akan dikawal dari Polda masing-masing atau tidak," ujarnya.

Untuk tempat parkir para massa, Argo belum bisa menjelaskan. Namun, ia memastikan akan menyediakan tempat parkir bagi massa aksi besok.

"Kita belum tahu apakah (massa) pakai motor atau mobil. Belum dapat data. Yang pasti akan kita siapkan (kantung parkir)," katanya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya