KPU DKI: Ahok dan Djarot Harus Cuti

Ketua KPUD DKI, Sumarno (tengah)
Sumber :
  • VIVA.co.id / Anwar Sadat

VIVA.co.id – Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta menegaskan, pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, harus cuti dari jabatannya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI, saat mengikuti Pilkada DKI 2017 putaran kedua.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

"Gubernur dan Wagub (petahana) harus cuti," kata Ketua KPUD DKI, Sumarno dalam diskusi bertajuk 'Kawal Pilkada DKI' di Warung Daun, Cikini, Sabtu, 4 Maret 2017.  

Selain itu, Ahok dan Djarot tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas negara dalam mengikuti Pilkada DKI putaran kedua.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

"Kemudian dilarang menggunakan fasilitas yang melekatkan ia dalam jabatannya itu," ujarnya.

Menurut Sumarno, aturan ini tidak berbeda dengan aturan yang dipakai dalam perhelatan Pilkada DKI putaran pertama. "Aturan ini sudah jelas dalam UU. Kami tak membuat aturan, kami hanya membuat pedoman teknis," tegasnya.

Komjen Dharma Pongrekun Konsultasi Syarat Cagub Perseorangan ke KPU DKI

Seperti diketahui, pasangan Ahok-Djarot merupakan peraih suara terbanyak dalam pemungutan suara Pilkada DKI 2017. Pasangan ini meraih suara sebanyak 42,96 persen suara. 

Diikuti pasangan Anies-Sandi dengan raihan suara sebanyak 39.97 persen suara dan pasangan Agus-Sylvi di posisi buncit, dengan raihan suara hanya 17.07 persen suara. Karena tidak ada yang memperoleh suara sebanyak 50 persen plus satu, maka hampir dipastikan, putaran kedua diikuti pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandiaga. (ase)

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Januari 2024

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menegaskan partainya tidak mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon Gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024. Partai

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024