Berita Penutupan Jalan Gatot Soebroto Selama Sebulan Hoax

Kemacetan di ruas jalan Gatot Subroto dari Pancoran menuju Semanggi.
Sumber :
  • Irwandi Arsyad

VIVA.co.id –  Beredar informasi adanya penutupan sementara Jalan Jenderal Gatot Soebroto mulai Sabtu 15 April 2017 mendatang yang dikeluarkan National Traffic Management Center (NTMC) Polri.

Dalam informasi tersebut menyebutkan bahwa penutupan Jalan Jenderal Gatot Soebroto tepatnya akan dilakukan di depan Markas Besar TNI AU di Pancoran, dan akan berlangsung selama satu bulan dari pukul 06.00 hingga 04.00 WIB, mulai Sabtu 15 April 2017. Informasi tersebut mengatakan bahwa penutupan jalan itu dilakukan karena pembangunan flyover Pancoran yang menimbulkan kemacetan belakangan ini.

Dalam informasi itu juga disebutkan kalau penutupan jalan itu dilakukan oleh Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, bersama dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Namun, setelah dikonfirmasi, Ditlantas Polda Metro Jaya, memastikan bahwa informasi itu tidak benar.

Kepala Sub Direktorat Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto, menegaskan bahwa informasi yang telah tersebar luas tersebut adalah berita hoax.

"Berita tersebut hoax," katanya saat dikonfirmasi, Rabu, 12 April 2017.

Karena itu,  Budiyanto meminta masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi yang belum jelas sumbernya. Apalagi, akun Twitter resmi TMC Polda Metro Jaya juga sudah memposting dan menegaskan kalau informasi tersebut adalah berita hoax.

Ternyata Ini Penyebab Jakarta masih Macet saat PSBB

Seperti diketahui, pembangunan proyek fly over Pancoran di sisi selatan berimbas terhadap kondisi kemacetan arus lalu lintas dari arah Cawang menuju Gatot Subroto. Terlebih kemacetan itu semakin dirasakan oleh pengguna jalan dalam dua hari ini.

Hal itu dikarenakan adanya penyempitan jalan atau bottle neck lantaran sudah mulai pengerjaan proyek itu. Untuk mengurangi angka kemacetan arus lalu lintas yang semakin parah di jalur tersebut, Dinas Bina Marga DKI Jakarta bersama kontraktor PT Nindya Karya akan melakukan langkah dengan melakukan pelebaran jalan di jalur itu tepatnya di depan Markas Besar Angkatan Udara (MBAU).

Warga Jakarta Bukan Pemilik Mobil dan Motor Terbanyak di Indonesia

Pelebaran jalan itu akan menggunakan trotoar yang ada terlebih dahulu. Setelah proyek fly over rampung, peruntukan trotoar akan dikembalikan lagi.

Berikut isi lengkap informasi penutupan jalan yang ternyata hoax itu:

> *PENGUMUMAN2*

Siap- Siap Besok pagi
Cawang -Mampang- kalibata-pasar minggu -buncit-Pancoran Macet Parah..

*Jl.JENDRAL GATOT SOEBROTO AKAN DITUTUP SEMENTARA, mulai Sabtu 15 April 2017*

Dinas Perhubungan DKI Jakarta  dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menutup sementara Jalan Jenderal Gatot Subroto, tepatnya depan Markas Besar TNI AU di Pancoran. Kepala Bidang Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) Dinas Perhubungan DKI Jakarta Priyanto mengatakan penutupan itu akan berlangsung selama satu bulan dari pukul 06.00 hingga 04.00 WIB, mulai Sabtu (15/4/2017) malam ini. Jalan tambahan depan MBAU (Markas Besar TNI AU), dilebarkan jalannya mengambil trotoar. Untuk pelaksanaan detour itu perlu ditutup sementara empat hari. Trotoar di depan Markas TNI AU akan dijadikan lajur tambahan untuk menambah kapasitas jalan. Pasalnya, pembangunan flyover Pancoran telah menyebabkan kemacetan parah. Karena sebagian lajur terpakai untuk pembangunan, arus lalu lintas dari arah timur (Cawang) ke selatan menumpuk di Jalan Gatot Subroto tepatnya simpang Pancoran. Selama penutupan, pengendara dari arah Cawang atau dari arah Semanggi yang tidak bisa berputar balik di depan lokasi yang ditutup itu, bisa belok ke Jalan Prof DR Supomo dan melewati Jalan Casablanca – Jalan Jenderal Sudirman. Atau alternatifnya lewat Jalan Pasar Minggu, terus lewat Duren Tiga. Pengerjaan jalur tambahan ini akan dilakukan oleh PT Nindya Karya selaku kontrator flyover Pancoran.

Sumber :ntmcpolri

Jalanan Jakarta Macet

VIDEO: Normal Baru DKI, Jalanan Jakarta Padat Lagi

Senin pagi sejumlah ruas jalan padat bahkan terjadi kemacetan

img_title
VIVA.co.id
8 Juni 2020